Senin, 26 Agustus 2013

Video
Text

VISUAL C# No.32: Membuat Picture Viewer - PART 2 (Pembuatan Zoom In, Zoom Out, dan Fit Image)

PART 2: Membuat Picture Viewer (Pembuatan Zoom In, Zoom Out, dan Fit Image)
Pada tutorial sebelumnya kita telah membuat GUI yang berupa tampilan Windows Form ditambah dengan pictureBox dan beberapa icon untuk control seperti open, next, prev, rotate cw, rotateccw, zoom in, fit image, zoom out, properties, close dan lain lain.

Nah, pada part pertama itu pula, kita membuat sebuah fungsi untuk control open, dimana kita membuka image, kemudian kita menampilkannya ke dalam pictureBox. Sekarang pada part 2 ini kita akan membuat fungsi-fungsi untuk control zoom in, zoom out, dan fit image :)


Disini, kita terlebih dahulu akan membuat beberapa variable yang nanti kita gunakan untuk zooming, baik itu zoom in maupun zoom out.

Tiga buat control icon akan kita buatkan masing masing fungsi untuk melakukan tugasnya, dan bisa dibilang hampir code pada fungsi – fungsi nya sama. Sehingga sangat mudah dipelajari bahkan bagi yang awam pemrograman sekalipun. Trik kita hanya satu, yaitu ‘Bitmap’, kita akan mengekplore type ini dengan pictureBox.

Dalam pembuatan zooming sendiri sangat mudah, karena kita hanya melakukan `perbandingan matematika` dimensi image dengan dimensi pictureBox. Perbandingan ini sudah anda pelajari saat anda masih duduk di bangku SMP. Nah, sambil mengingat-ingat berikut saya cuplikan perbandingan yang nanti kita gunakan untuk zooming.


kalo dalam video tutorial, rumusnya adalah seperti ini:

sehingga perbandingan akhirnya adalah seperti ini:

Ini adalah rumus matematika SMP yang kita gunakan saat zooming :)
Nah, pengen liat gimana pembuatan zooming ini? Silahkan lihat videonya, download source codenya dan mudah mudahan bermanfaat.

ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


PART LAIN:
PART 1: C#.NET No.31: Membuat Picture Viewer - PART 1 (Membuat GUI dan Open File)
PART 2: halaman ini
PART 3: C#.NET No.33: Membuat Picture Viewer - PART 3 (Pembuatan Rotate CW dan Rotate CCW)
PART 4: "Untuk part 4 (Membuat Previous dan Next Button) tutorial simple nya dapat anda lihat di C#.NET No.34: Membuat Simple Photo Gallery - Next Previous Button Navigation sedangkan source codenya dapat anda donwload di sini


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar