Sabtu, 31 Agustus 2013

Video
Text

VISUAL C# No.33: Membuat Picture Viewer - PART 3 (Pembuatan Rotate CW dan Rotate CCW)

PART 3: Membuat Picture Viewer (Pembuatan Rotate CCW, Rotate CW)

Pemirsa, kita sudah menginjak ke PART 3, di sini kita akan mencoba untuk menambahkan fasilitas rotation untuk Picture Viewer kita. Bila adan lihat pada ‘Windows Photo Viewer’, maka disana terdapat fasilitas untuk Rotate yang searah dengan jarum jam (Rotate CW), dan Rotate yang berlawanan arah dengan jarum jam (Rotate CCW/Rotate ACW). Penulisan kode untuk rotasi gambar yang terdapat dapal pictureBox pun sangat mudah. C# telah menyediakan fasilitas yang sangat mudah untuk diimplementasikan. :)


Ada hal yang perlu diperhatikan dalam pengkodean kita ini. Apa itu? Yaitu perbandingan. Yup, lagi lagi kita menggunakan perbandingan karena kita tidak hanya ingin supaya ‘Rotation’ bekerja tapi juga ‘Zooming’ nya berkerja. Sehingga untuk meng-sinkron kan keduanya lagi-lagi kita harus berpikir mengingat kembali rumus matematika dasar SMP tentang perbandingan :)

Problem nya adalah, saat kita berhasil me-rotasi gambar, kemudian kita zoom, posisi gambar akan kembali seperti semula :(

Problem lainnya, saat kita telah me-rotasi 90 derajat CW misalnya, kemudian kita zooming, maka dimensi gambar jadi tidak seperti semula (agak gepeng). Nah, jadi memang yang namanya perbandingan sangat diperlukan untuk menjaga dimensi gambar.
Lihat ilustrasi perbandingan berikut ini:


Kemudian ‘ukuranAwalGambar’ saya ganti menjadi ‘Image’ seperti berikut ini:


Nah, kalo begitu saat kita mencari ‘curentImageHeight’, kita bisa membuat perbandingan seperti ini:


Pada setiap fungsi, kita akan selalu menambahkan dan men-seting dimensi ‘curentImage’. Apa itu ‘curentImage’? yaitu adalah gambar ‘curent’ yang tampil. Gambar ‘curent’ adalah gambar yang ontime. Gambar yang sedang terlihat di layar, sehingga yang kita butuhkan adalah dimensi gambar ontime ini (width, height) bukan dimensi/ukuran gambar awal.

Coba perhatikan ilustrasi berikut ini yang menjelaskan tentang ‘curentImage’.


Nah, bagaimana penkodeannya?? Silahkan anda simak video tutorialnya dan anda dapat juga men-source codenya, semoga bermanfaat.


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI

PART YANG LAIN:
PART 1: C#.NET No.31: Membuat Picture Viewer - PART 1 (Membuat GUI dan Open File)
PART 2: C#.NET No.32: Membuat Picture Viewer - PART 2 (Pembuatan Zoom In, Zoom Out, dan Fit Image)
PART 3: Halaman ini
PART 4: "Untuk part 4 (Membuat Previous dan Next Button) tutorial simple nya dapat anda lihat di C#.NET No.34: Membuat Simple Photo Gallery - Next Previous Button Navigation sedangkan source codenya dapat anda donwload di sini

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar