Minggu, 25 Agustus 2013

Video
Text

VISUAL C# No.31: Membuat Picture Viewer - PART 1 (Membuat GUI dan Open File)

PART 1: Membuat Picture Viewer (Pembuatan GUI dan Open File)
Pernahkah anda ingin tahu bagaimana cara membuat Windows Photo Viewer?? Itu lho, sebuah program aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat gambar, dilengkapi dengan next, prev, fit, zoom, rotation, informasi/properties gambar dan lain lain.

Pernahkah anda membayangkan betapa mudahnya membuat Photo Viewer seperti gambar di bawah ini?? Pernahkah terbayangkan gampangnya membuat software ini dengan C#?

Yup, itulah yang akan kita bahas pada tutorial C# kali ini yaitu tentang bagaimana caranya membuat Picture Viewer. Pada part 1 ini kita akan konsentrasi pada cara membuat GUI dan cara OPEN FILE.



Pertama kita akan membuat GUI, yaitu tampilannya. Nah, dalam pembuatan GUI ini kita akan membuat sebuah Windows Form Aplication. Tahukan Windows Form? Itu lho, sebuah jendela Windows Aplikasi.
Nah, setelah itu kita akan menambahkan sebuah komponen yang nanti akan digunakan sebagai tempat (container) untuk photo yaitu ‘pictureBox’. Kemudian kita akan men-setting supaya ‘pictureBox’ kita ini jadi full dengan Windows Form.

Nah, setelah itu, kita akan membuat container baru untuk control icon nya. Control icon ini yang dimaksud yang mana sih?? Itu lho, icon open, next, prev, fit, rotate, zoom dan lain lain.
Untuk container yang dimaksud ini adalah ‘Panel’. Kita tambahkan ke Windows Form, kemudian kita setting sedemikian rupa.

Nah, yang berikutnya adalah kita persiapkan icon-icon yang nanti akan kita gunakan. Kita buat lagi ‘pictureBox’ mini, kita masukan kedalam panel, kemudian kita setting iconnya. Setelah itu yang terakir kita berikan sebuah fungsi/method untuk menghandle icon saat ada click dari mouse. Method yang kita berikan di sini baru sebatas pada open saja, untuk method yang lain anda dapat menyaksikan peragaannya di part berikutnya.

Ingin tahu lebih detail tentang bagaimana mudahnya cara membuat aplikasi ini? Silahkan tonton videonya serta download source codenya dan mudah mudahan bermanfaat.


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI

PART YANG LAIN:
PART 1: halaman ini
PART 2: C#.NET No.32: Membuat Picture Viewer - PART 2 (Pembuatan Zoom In, Zoom Out, dan Fit Image)
PART 3: C#.NET No.33: Membuat Picture Viewer - PART 3 (Pembuatan Rotate CW dan Rotate CCW)
PART 4: "Untuk part 4 (Membuat Previous dan Next Button) tutorial simple nya dapat anda lihat di C#.NET No.34: Membuat Simple Photo Gallery - Next Previous Button Navigation sedangkan source codenya dapat anda donwload di sini

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

1 komentar:

Poskan Komentar