Kamis, 07 Maret 2013

Video
Text

VISUAL C# No.24: Membuat wav player dengan NAudio Library

Kemarin kita telah membahas apa itu NAudio, sekarang saatnya mempraktekan bagaimana cara membuat sebuah player sederhana dengan menggunakan Open Source audio library untuk .NET yaitu NAudio.
Perlu di perhatikan bahwa ini adalah tutorial awal praktek dengan NAudio, nantinya kita juga akan membahas praktek-praktek lain dengan library open source ini seperti pembuatan player tingkat lanjut maupun pembuatan audio editor :)



Mungkin anda beranggapan bahwa player kita ini sama dengan player sebelumnya, secara visual/GUI memang sangat sederhana dan mirip dengan tutorial sebelumnya. Tapi bila anda melihat code di dalamnya, anda pasti tidak percaya, kita mengetikan kode yang sangat mudah sekali untuk dipahami.

Semuanya jadi sangat mudah dan simple karena penggunaan library NAudio. Pada tutorial ini , terlebih dahulu kita akan menambahkan Library NAudio yang sudah anda download dari situsnya ke dalam references dari C# Visual Studio project kita.

Tenang, kodenya sangat mudah dipahami dan sangat sederhana.

Setelah kita menambahkan ke dalam references, kita akan membuat dua buah variable yang bertipe WaveFileReader dan DirectSoundOut. Nah, buat yang sudah baca tutorial sebelumnya pasti tidak asing dengan 'DirectSoundOut', ini adalah playback yang kita gunakan dalam praktek kali ini. Anda pun bisa menggunakan playback lain seperti AsioOut, WaveOut, dan lain-lain.

Ah, untuk lebih jelasnya dan gamblangnya anda dapat melihat pada video tutorialnya dan bisa juga mendownload source codenya. :)


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI



Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments