Sabtu, 16 Maret 2013

Video
Text

VISUAL C# No.27: Portable database dengan Ms. Access Database - Loading data

Pernahkan anda berfikiran bagaimana software yang kita buat menggunakan database yang portable?? Database yang tidak harus install localhost??? Dengan database portable ini maka anda dapat menginstall software buatan anda dimana saja tanpa harus kerepotan menginstall localhost server anda (mysql).

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membuat portable database, salah satunya kita akan menggunakan Microsoft Access Database dengan bantuan OLEDB class. Berikut merupakan video tutorial dan ulasan untuk meloading data dari Ms.Access Database.



Perlu diperhatikan bahwa pada tutorial ini kita hanya memperagakan meloading/mengambil data dari database. Untuk tingkat lanjut, seperti CRUD (create, read, update, delete data) akan kita pelajari pada tutorial berikutnya setelah tutorial ini.

Penggunaan portable database seperti Ms.Access Database sangat mudah dilakukan, pada tutorial ini kita akan memperagakan kepada anda tentang:
*Pembuatan database pada ms.Access
*Pembuatan table dan pengisian data
*Pembuatan koneksi untuk meloading data dari database
*Pembuatan script untuk menampilkan data dari database

Hem, kita disini menggunakan OleDbConnection untuk konek ke Ms.Access dan OleDbReader untuk membaca data dari Ms.Access.

Silahkan tonton videonya, download source codenya. Mudah mudahan bermanfaat untuk semua.

ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

UPDATED 21 Maret 2013 Cara lain meletakkan Access Database
Main revision: File database tidak perlu dicopy paste ke dalam project/solusion, melainkan hanya ditaruh di dalam folder yang lokasinya sama dengan debug/release file. Debug/release file merupakan file akhir (file jadi .exe) hasil debug/release yang berlokasi di debug folder atau di release folder.

Coba perhatikan screenshot berikut, pada tutorial sebelumnya, kita mencopy paste file ms.Access Database kita ke project/solution Visual Studio.


Sebetulnya tidak ada salahnya dengan copy paste ke dalam project, dengan copy paste drag and drop seperti pada gambar diatas, maka database akan dicopy ke dalam folder solution seperti pada gambar berikut ini:


Dengan susunan folder seperti itu,akan sangat tidak efisien. Sehingga, anda bisa langsung meletakkan file database kedalam folder yang sama dengan file hasil akhir (.exe). Dalam hal ini saya menggunakan folder
Bin/debug/
Seperti pada screenshot berikut ini:


Coba perhatikan, file hasil akhir kita adalah ‘ProjectMsAccessDatabase.exe’, dengan meletakan pada folder yang sama ini nanti pada source code kita hanya tinggal mengetikan nama database pada connectionstrings nya:

connect = new OleDbConnection();
connect.ConnectionString = @"Provider=Microsoft.ACE.OLEDB.12.0;Data Source=MetuDatabase.accdb;Persist Security Info=false;";
connect.Open();

Nah, dengan demikian, anda sudah membuat sebuah portable database yang dapat anda bawa dari satu komputer ke komputer yang lain :)

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments