Sabtu, 02 Maret 2013

Video
Text

VISUAL C# No.23: Mengenal NAudio, Open Source Library untuk Audio dalam .NET dan C#


Kemarin, kita sudah membahas, apa itu Dynamic Link Library, bagaimana cara membuat mp3player dengan Windows Multi Media Library (wmm.dll), membuat player dengan Windows Media Player Library (wmp.dll), bahkan sampai membuat Audio Video player dengan Windows Media Player Component. Sekarang kita akan menggunakan salah satu Library yang sangat bagus, powerfull, banyak digunakan orang dan satu lagi yaitu open source. Jadi kita bebas menggunakan baik untuk komersial maupun untuk pribadi. Tidak hanya untuk player, library ini pun digunakan untuk audio editing (mixed, record, effect, dan lainnya).
Apakah library tersebut??? NAudio :)



NAudio merupakan open source library untuk Audio dan MIDI dalam .NET.Anda dapat membaca lebih detail tentang NAudio ini pada naudio.codeplex.com. Library ini memiliki banyak sekali class yang dapat kita gunakan untuk membuat player maupun membuat audio editor yang dikembangkan oleh Mark Heath sejak tahun 2002 dan terus dikembangkan serta ditambahi fungsinya hingga sekarang.

Ingin tahu tentang fasilitas dari NAudio ini? coba perhatikan berikut ini:
-Play back audio using a variety of APIs
-----WaveOut
-----DirectSound
-----ASIO
-----WASAPI (Windows Vista and above)
-Decompress audio from different Wave Formats
-----MP3 decode using ACM or DMO codec
-----AIFF
-----G.711 mu-law and a-law
-----ADPCM
-----G.722
-----Speex (using NSpeex)
-----SF2 files
-----Decode using any ACM codec installed on your computer
-Record audio using WaveIn, WASAPI or ASIO
-Read and Write standard .WAV files
-Mix and manipulate audio streams using a 32 bit floating mixing engine
-Extensive support for reading and writing MIDI files
-Full MIDI event model
-Basic support for Windows Mixer APIs
-A collection of useful Windows Forms Controls
-Some basic audio effects, including a compressor

Menakjubkan bukan?? kita hanya perlu meng-includekan NAudio library ke dalam references dan kita dapat menggunakan semua class untuk pembuatan player maupun editor.

Nah, pada tutorial berikutnya kita akan membuat video praktek untuk pembuatan player maupun editor audio dengan library ini.

Saya lebih tertariknya ke Playback Api yang disuport yaitu IwavePlayer, Waveout, Directsound, ASIO, dan Wasapi.Nah, tentang playback ini dapat anda baca lebih detail di Mark dot net blog.

Secara default, untuk playback API NAudio adalah WaveOut, tapi anda dapat menggunakan Directsound yang juga disupport oleh banyak komputer. Terus, bagaimana cara menggunakannya?? Nanti kita akan bahas pada tutorial selanjutnya saat praktek membuat aplikasi dengan video tutorial.

Dalam halaman downloadnya pun anda dapat melihat demo project, kemudian source code yang belum dicompile alias masih mentah belum dalam bentuk .dll.

Andapun juga dapat menambahkan ide atau saran ke Mark sekaligus dapat juga mensubmit project anda ke NAudio documentation.
Coba lihat, banyak sekali project yang menggunakan NAudio sebagai library audionya:




Ingat bahwa Mark membuat library ini untuk .NET dan C# sehingga untuk anda pengguna bahasa lain dan framework lain maka pasti ada library lain yang dapat anda gunakan di luaran sana.

*Download NAudio Library di sini
*Lihat NAudio Documentation di sini
*NAudio development di sini
*Tutorial NAudio oleh Mark di sini


Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments