Sabtu, 02 Februari 2013

Video
Text

VISUAL C# No.18: Apa itu Dynamic Link Library (DLL)?

Untuk anda pengguna Windows OS (Sistem Operasi buatan Microsoft dengan pendirinya Bill Gates, dermawan sekaligus jutawan sukses dunia)pasti sering sekali bertemu dengan file yang berektensi .dll. File ini sering kita lihat, bahkan saat sebuah program error terkadang juga muncul pemberitahuan bahwa file.dll problem, tidak ditemukan, dan lain lain. Nah, sebetulnya apa sih .dll itu? kegunaannya apa sih?? mari kita bahas dan praktek membuat serta menjalankan .dll dengan video tutorial :)


.DLL adalah file library pada Windows. File ini adalah kode yang sudah dicompile menjadi berektensi .dll yang dapat diakses dan digunakan program lain. Didalam file .dll ini terdapat class dan beragam method/function yang dapat kita gunakan untuk meng-efisienkan penulisan kode program kita.

Anda pernah menggunakan Codeigniter kan??? Pernah menggunakan Java, Actionscript, Php kan?? Sama seperti file yang diimport, diinclude dalam pemrograman lain. Kita tinggal menggunakan library .dll dan menggunakan method yang sudah ada didalamnya.

Nah, dengan hanya memanggil file .dll yang sudah tersedia di Windows inilah kita dapat membuat program sebagus Windows tanpa harus membuat/mengetik kode lagi untuk fungsi yang sama.

Bisakah kita membuat .dll sendiri?? TENTU BISA, , , kita akan praktek nanti pada Video Tutorial selanjutnya, tapi mari kita kembali ke penjelasan .dll :)

Dynamic Links Library (.dll) merupakan implementasi dari konsep 'shared library' dari Microsoft. Sebetulnya untuk konsep 'shared library' itu sendiri bukan hanya file dengan extensi .dll, tapi juga ada .ocx dan .drv. Extensi .ocx ini biasanya digunakan untuk library yang mengandung activeX control, sedangkan untuk .drv untuk sistem driver.

Nah, video tutorial berikut akan menjelaskan bagaimana kita membuat .dll sendiri dan menerapkannya pada method program kita.

Untuk pengen lebih tau tentang DLL, anda bisa mengklik di http://en.wikipedia.org/wiki/Dynamic_link_library


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments