Minggu, 20 Januari 2013

Video
Text

VISUAL C# No.15: Membuat simple editor [part 4] Menambahkan menu bar

PART 4
Setelah sebelumnya kita sampai pada PART 3 (New File – Edit – Save), sekarang pada PART 4 ini kita akan memberikan menu bar seperti pada kebanyakan aplikasi Windows. Anda pasti sudah tahu kan seperti apa itu menubar? Yup, menu-menu yang berada di bagian atas program/aplikasi seperti (File, View, Edit, Options, Help) itulah yang kita maksudkan dalam pembahasan ini. Anda akan takjub, betapa mudahnya membuat sebuah menubar dengan C#. Bahkan saya yakin anda tidak perlu menjadi ahli koding C# untuk membuatnya. Sebagai screenshot, telah kita sediakan animasi gif seperti pada gambar dibawah ini.


Visual studio dan C# (dalam hal ini saya menggunakan Visual Studio 2010), menyediakan sebuah metode yang sangat mudah dan cepat dalam pembuatan menubar untuk aplikasi kita. Bahkan penambahan menubar ini kita hanya drag and drop saja. Nah, ada terdapat tool dalam toolbox yang dapat kita gunakan untuk pembuatan Menubar ini, yaitu ‘Menustrips’.

Dengan menustrips (cobalah) penyempurnaan aplikasi anda akan jauh lebih cepat dan efisien. Dalam menubar juga terdapat separator. Nah, menustrip ini pun juga menyediakan separator sekaligus shortcut untuk setiap item menu kita.

Pada tutorial kali ini kita akan mengubah button New, Open, About, Save, dan Cancel dengan menubar. Check out the video, perhatikan bagaimana kita menambahkan menubar, bagaimana kita menambahkan kode, how easy is it?? :) disertai juga dengan sourcecode yang dapat anda download.

Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

PART YANG LAIN:
PART 1:C#.NET No.12: Membuat simple editor [part 1] Pembuatan GUI (Label, Image, Icon, Textarea, Form, Button)
PART 2:C#.NET No.13: Membuat simple editor [part 2] Open - Edit - Save (Belajar WindowOpenDialog dan StreamReader)
PART 3:C#.NET No.14: Membuat simple editor [part 3] New File - Edit - Save (Belajar WindowSaveDialog dan StreamWriter)
PART 4: Halaman ini
PART 5: C#.NET No.16: Membuat simple editor [part 5] Menambahkan Font Style dan Color
PART 6: C#.NET No.17: Membuat simple editor [part 6] Menambahkan menu edit (cut, copy, paste, delete)

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments