Video
Text

VISUAL C# No.10: [Beginner] Belajar Exception Handling - Error Handling


“Exception handling atau Error Handling merupakan bagian yang cukup penting dalam pemrograman manapun. Anda harus dapat meng-handle setiap error yang muncul dalam program maupun dalam verifikasi sebuah fungsi. Contohnya error handling itu apa saja sih? Bisa handle saat verifikasi user input, handle saat kita meloading file xml yang tidak ditemukan, handle saat internet connection error dan lain-lain termasuk handle pada saat men-verifikasi return value dari sebuah fungsi/method.



Contoh lainnya adalah input/output error (IO), system memory error, database error dan lain-lain yang memang memerlukan peng-handle-an khusus agar error-error seperti ini tidak menyebabkan program kita ikut error.

Sama seperti pemrograman yang lain, handling exception/error dalam C# bisa digunakan TRY/CATCH.

Mari kita lihat contoh berikut, saya ambil dari csharp-station.com,


inilah yang dinamakan dengan exception atau error handling. Kode untuk Exception atau Error terdapat pada bagian CATCH. Sedangkan bila program berjalan tanpa error/pengecualian maka kode dalam TRY lah yang akan dieksekusi.

Sebetulnya banyak sekali ya exception itu, kalo pada contoh kode di atas kita menggunakan IO exception, yaitu input/ouput dalam pembacaan file (File.OpenRead). Contoh yang lain adalah:
•SecurityException
•ArgumentException
•ArgumentNullException
•PathTooLongException
•DirectoryNotFoundException
•UnauthorizedAccessException
•FileNotFoundException
•NotSupportedException


Dan lain lain yang dapat anda temukan dalam .NET Documentation. Jangan khawatir bila anda bingung menemukan documentation ini, karena msdn online menyediakannya untuk anda. Dan saat anda menginstall Visual Studio pun opsi untuk penginstalan documentation juga tersedia.

Pada contoh diatas, kita menggunakan ‘Single Exception’, kita juga dapat menggunakan multiple exception dengan multiple try/catch implementation seperti pada kode yang saya ambil dari csharp-station.com berikut ini:



Nah, jadi kesimpulannya untuk menghindari error kita dapat menggunakan TRY dan CATCH. Tapi perlu diingat, meski kita telah menggunakan TRY dan CATH, kita JUGA BISA menambahkan kode terakhir pamungkas yang disebut dengan ‘BLOCK FINAL’, perhatikan contoh berikut ini:



Penggunaan try/catch/finally akan membuat eksekusi algoritma kita jauh lebih sempurna.


How Easy It Is!

Tahukah anda, belajar pemrograman itu mudah. Mari kita belajar dan jangan berfikir bahwa membuat software itu sulit :)
Baca, simak, dan praktekan. Look! betapa mudahnya!!
Mohon untuk membagikan pengetahuan sederhana ini dengan mengklik icon-icon berikut ini:

Created by: MediaTutorial Staff
CREATOR : Okie Eko Wardoyo
"Saya hanya pembelajar, saya ingin setiap rekam jejak belajar saya tercatat di blog ini. So, don't think i'm an expert.
Hi, btw, adakah yang mau bantu membuat tutorial? click KIRIM TUTORIAL di kanan atas halaman ini bila tertarik :) "

Bila anda menemukan ada yang salah dengan tutorial ini, silahkan contact/comment, pasti saya update

Contact :
Fb | | @Twitt | okie_eko_wardoyo[at]yahoo[dot]com
Note: Bila anda menemukan link demo atau link source code atau gambar screenshot kadaluarsa, mohon segera menghubungi kami

Comments