Sabtu, 01 Desember 2012

Video
Text

VISUAL C# No.6:[Beginner] Belajar Arrays dan Pengertian Inheritance


Sekarang, melanjutkan tutorial sebelumnya, pada tutorial ini kita akan membahas 2 BAB sekaligus (sama seperti tutorial-tutorial sebelumnya) yaitu Arrays dan Inheritance. Saya yakin, anda pasti sudah familiar dengan sesuatu yang bernama ‘Array’. Semua bahasa pemrograman menggunakan array sebagai sebuah variable yang digunakan untuk menyimpan lebih dari satu data.

Dan untuk anda yang sudah familiar dengan OOP (Object Oriented Programming) atau pemrograman berorientasi object (Java, Actionscript3, C++, C#,VB dan lain lain) pasti juga sangat familiar dengan yang namanya ‘inheritance’. Nah, untuk yang benar benar buta, semoga tutorial ini ada manfaatnya :)


Terlebih dahulu, marilah kita membahas pengertian Arrays terlebih dahulu. Oh iya, saya sering sekali berkunjung ke MSDN (Microsoft Developer Network), bila anda tertarik dengan Windows anda dapat bergabung dengan para developer di sana, dan tutorial Arrays ini pun juga saya ambil contoh-contohnya dari sana :)

Dalam tutorial ini kita akan membahas beberapa pengertian Arrays diantaranya adalah sebagai berikut:
*Apa itu Arrays?
*Bagaimana cara mendeklarasikan Arrays?
*Bagaimana cara menginisialisasi Arrays?
*Bagaimana cara mengakses Array Member?
*Array merupakan Object??
*Penggunaan Foreach dalam Arrays?

Mari terlebih dahulu kita mulai dari pengertian Array. Array merupakan sebuah variable yang dapat menyimpan lebih dari satu data. Sama seperti pemrograman yang lain, array merupakan ‘zero indexed’, artinya array index dimulai dari nol. Sebetulnya semua Array itu sama antar bahasa pemrograman yang satu dengan yang lain, tetapi ada beberapa yang berbeda dalam C#.

Nah, apa sih bedanya??? Anda pastinya masih inget kan tentang ‘type data’ dan ‘identifier’? coba lihat kode di bawah ini.

int numbers;
string names;

‘int’ dan ‘string’ merupakan ‘type data’, sedangkan ‘numbers’ dan ‘names’ merupakan identifier.

Perbedaan antara Array dalam C# dengan bahasa pemrograman lain ialah dalam pendeklarasian Array. Dalam C#, saat mendeklarasikan array, square bracket( [] ) harus diletakan setelah type data bukan setelah identifier.

Contoh:
int[] numbers;
kalo bahasa lain pasti:
int numbers[];

Bila anda suka baca-baca di MSDN, dalam C#, size dari array bukan merupakan bagian dari type data seperti pada bahasa C. Sehingga kita dapat mendeklarasikan sebuah array seperti kode di bawah ini:

int[] numbers; // declare numbers as an int array of any size
numbers = new int[10]; // numbers is a 10-element array
numbers = new int[20]; // now it's a 20-element array

*Bagaimana cara mendeklarasikan array?

Dalam pendeklarasian Array, C# mendukung single-dimensional arrays, multi-dimensional arrays (rectangular arrays) dan array-of-arrays. Mari kita lihat contoh-contoh nya saya mengambilnya dari MSDN:

Single-dimensional arrays:
int[] numbers;

Multi-dimensional arrays:
string[,] names;

Array-of-arrays (jagged):
byte[][] scores;

Nah, mungkin untuk yang sering bermain-main dengan arrays akan bisa lebih tambah pengetahuan tentang jenis-jenis array ini. Apakah cukup sampai di sini?? Tidak, pendeklarasian di atas tidak membuat sebuah arrays. Dalam C#, array adalah sebuah object, sehingga kita perlu membuat instance, nah, yang benar adalah seperti dibawah ini:

Single-dimensional arrays:
int[] numbers = new int[5];

atau inisialisasinya:
int[] numbers = new int[5] {1, 2, 3, 4, 5};
string[] names = new string[3] {"Okie", "Nega", "Ralia"};

Multi-dimensional arrays:
string[,] names = new string[5,4];

atau inisialisasinya:
int[,] numbers = new int[3, 2] { {1, 2}, {3, 4}, {5, 6} };
string[,] siblings = new string[2, 2] { {"Okie","Nega"}, {"Ralia","Ulvi"} };

Array-of-arrays (jagged):
byte[][] scores = new byte[5][];
for (int x = 0; x < scores.Length; x++) { scores[x] = new byte[4]; } Atau inisialisasinya: int[][] numbers = new int[2][] { new int[] {2,3,4}, new int[] {5,6,7,8,9} }; atau int[][] numbers = { new int[] {2,3,4}, new int[] {5,6,7,8,9} }; ARRAY ADALAH OBJECT
Dalam C#, Array adalah Object. Masih inget dengan ‘System.Array’ kan? Sebagai object, anda dapat menggunakan semua properties , method, dan class member yang dimiliki oleh System.Array (Mirip juga seperti Actionscript). Nah, method/properties ini contohnya adalah length, sorting, searching, copying dan lain lain.
Contoh:
int[] numbers = {1, 2, 3, 4, 5};
int LengthOfNumbers = numbers.Length;

Nah, untuk lebih lengkapnya anda dapat berkunjung ke MSDN.

Oke, mari sekarang kita lanjut ke ‘inheritance’.

INHERITANCE
Apasih sebetulnya inheritance?? Kalo kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia arti dari ‘inheritance’ adalah ‘pewarisan’. Yup, ‘inheritance’ merupakan konsep utama dari OOP (Object Oriented Programming/Pemrograman berorientasi Object). Penerapan ‘inheritance’ ini tentu akan mempermudah sekaligus mempersingkat waktu untuk para Programmer.

Perhatikan contoh kode berikut ini:



Kode di atas akan menampilkan “Parent class C# nih.” Parent class bisa dibilang merupakan ‘base class’ dari child class. Perhatikan tanda “ChildClass : ParentClass” yang merupakan hubungan antara ‘base class’ dengan ‘derived class’.

Perlu kita ketahui bersama bahwa C# hanya mendukung single pewarisan class (single class inheritance) saja. Meskipun demikian, kita dapat menggunakan multiple interface.. Nah, ni ada istilah asing lagi , yaitu ‘interface’. Apa sih ini?? Kita akan membahas nya pada tutorial selanjutnya.

Nah, pewarisan (inheritance) yang kita bahas ini adalah contoh yang simple-simple saja, banyak sekali contoh contoh lebih kompleks yang dapat anda temukan di internet. Oke, semoga bermanfaat bagi yang benar – benar buta dengan Array dan Inheritance di C#.



Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments