Kamis, 29 November 2012

Video
Text

VISUAL C# No.4: [Beginner] Membuat Hello World and Namespace


Pada dua tutorial sebelumnya, kita langsung ke pembahasan GUI yaitu cara membuat window app dan multiple window app. Begitu mudah membuatnya kan?? Nah, pada tutorial berikutnya ini kita akan kembali ke awal yaitu membahas Hello World C#. Kita tidak menggunakan GUI melainkan hanya kode-kode sederhana untuk pengenalan Hello World.


Ada beberapa style untuk mengetikan sebuah Hello World, tapi terlebih dahulu anda harus membuat sebuah Class atau sebuah Empty Project dari file -> new di Visual Studio anda. Ingat, buat Class atau Empty Project jangan Windows Form atau Console Application atau yang lainnnya :)

Perhatikan gambar dibawah ini:
Mari kita buat new file (File -> New ->File…)


Anda pun dapat memilih empty project dari menu File ->Project->Empty Project.

Nah, dari popup yang muncul jangan lupa anda berikan “Nama Untuk Class”, secara default Visual Studio akan memberikan nama Class1, Class2 dan seterusnya. Mari kita berikan contoh nama “Coba” saja. Nama class ini juga akan sama dengan nama file, sehingga file yang kita buat adalah Coba.cs dan code default dari Visual Studio adalah seperti di bawah ini:



Nah, sekarang mari kita hapus dan ketikan beberapa code untuk membuat Hello World nya. Seperti yang sudah saya bilang di awal, ada beberapa cara pengetikan ,

CARA 1:

Ket:
Sama seperti C++, pada C# kita juga harus membuat sebuah Static Main Method.
System.Console didalamnya terdapat sebuah Writeline untuk menuliskan string kedalam console window.

CARA 2:

Nah, pada cara kedua ini kita menggunakan ‘using System’ di atas kode, sehinga kita tidak perlu menambahkan ‘System’ sebelum Console.Writeline. Cara ini akan jauh lebih efektif saat anda menggunakan banyak ‘System’. Hem, mirip ‘include’ di C++ dan PHP ya, mirip juga seperti ‘import’ di Actionscript dan Java.

CARA 3:
Nah, cara yang ketiga kita dapat memberikan sebuah argument ke dalam method Main() sehingga akan menjadi seperti ini Main(String[] args). Saya mengambilnya dari MSDN (Microsoft Developer Network).

Nah, diatas, bila kita memberikan argument pada method Main, misalnya A B C D , maka console akan menampilkan :
A
B
C
D
Mudah bukan??

CARA 4:
Ada saat dimana kita harus mereturn sebuah integer dalam fungsi Main kita, berikut adalah contohnya:

Sama persis dengan C++ kan?

NAMESPACE??
*Lalu bagaimana dengan Namaspace? Apa itu namespace?? Nah, di awal tutorial saya sudah mengatakan bahwa untuk membuat HelloWorld di atas kita dapat memulai dengan menu File -> New -> File atau File -> New -> Project -> Empty Project. Saat kita memulai dengan Empty Project kemudian membuat sebuah class , maka secara default akan ditambahkan namespace di depan code, coba perhatikan screenshot di bawah ini:

Apa sebetulnya namespace?

Namespace sebetulnya adalah sebuah program element yang dapat membantu kita meng-organisasi aplikasi kita. Namespace ini sangat berguna saat ada nama class yang sama dalam sebuah paket kode.

Ada contoh bagus, anda tau kan ‘console’ seperti kode kita diatas?? Nah ‘console’ ini tergabung ke dalam class ‘System.Console’ , padahal ‘System.Console’ ini adalah class library di .NET. Coba bila anda membuat nama class yang sama dengan yang ada di .NET atau library dari pihak ketiga yang lain, pasti akan sangat membingungkan program kan. Inilah peran besar sebuah ‘namespace’. Namespace ini mirip seperti ‘package’ kalo kita menggunakan ‘actionscript’.

Perhatikan juga bahwa ‘namespace’ ini bukanlah sebuah directory dari code, bila anda memasukan kode anda ke dalam directory tidak masalah bila tanpa namespace.

Sebagai contoh code, saya akan mengambil sample dari code diatas dan kemudian saya tambahkan ‘namespace’.



Ada lagi contoh yang lain yaitu sebuah ‘nested namespace’.



Kemudian bagaimana cara memanggil member dari namespace?? Bagaimana cara memanggil fungsi di dalam namespace?? Perhatikan kode dibawah ini:



Aha, ada contoh lagi, bagaimana bila kita menggunakan using directive? Perhatikan kode dibawah ini:



Ada satu contoh lagi yang bagus, yaitu using directive alias, perhatikan code di bawah ini:



Teryata banyak ya yang dapat kita pelajari dari sebuah ‘namespace’, dan sedikit informasi kepada anda bahwa namespace dapat digunakan untuk meng-handle ‘Class’, ‘Structure’, ‘Interface’, ‘Enumeration’, ‘Delegate’.


Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments