Jumat, 30 November 2012

Video
Text

VISUAL C# No.5: [Beginner] Command line parameter dan Pengenalan Class


Mari mengenal Command Line dan Class!. Sebelumnya kita telah membahas tentang Hello World dan Namespace, nah sekarang kita akan membahas apa itu class dan contoh penulisan Command Line. Oke, mari kita mulai dengan Command Line terlebih dahulu. Anda tentu tidak asing dengan yang namanya ‘Console’ kan?? Atau dalam windows biasanya cmd.exe, nah, inilah yang kita sebut dengan command line. Jadi kita akan membuat sebuah aplikasi Command Line seperti itu.


Untuk membuat console application sendiri anda dapat membuka Visual Studio anda (saya menggunakan Visual Studio 2010) -> New -> Project -> Visual C# -> Console Application.

Nanti anda secara default akan mendapatkan kode seperti berikut ini pada visual studio:

Perhatikan bahwa kita memiliki sebuah ‘solution’ dengan ‘namespace’ adalah ConsoleApplication1 dan nama file ‘Program.cs’ serta nama class adalah ‘Program’.

Kode diatas bila anda debug akan menghasilkan sebuah aplikasi console, apakah kita akan membuat kode sama seperti diatas?? No, kita akan membuat yang lebih simple seperti yang saya dapat dari MSDN (Microsoft Developer Network). Perhatikan kode berikut ini:



Saat anda debug, maka akan menghasilkan sebuah window console, silahkan anda ketikan saja ‘Program A B C D’ (tanpa tanda kutip), maka output akan menjadi seperti:
Number of command line parameters = 3
Arg[0] = [A]
Arg[1] = [B]
Arg[2] = [C]

Gampang bukan??? (^^,)

Nah, diatas kita menggunakan for looping, ada yang lain lagi yaitu menggunakan foreach, coba perhatikan kode di bawah ini:



Sekarang ketikan seperti ini di console window yang muncul ‘program Okie Eko Wardoyo’ (tanpa tanda kutip), maka hasilnya adalah:

Number of command line parameters = 3
Okie
Eko
Wardoyo

Wow, how easy it is??? :)

CLASS

Apa itu class?? Pada tutorial-tutorial sebelumnya kita tanpa sengaja setiap kode telah menggunakan class. Pada pembahasan C# class ini kita akan belajar tentang:
*Implement Constructor
*Perbedaan antara instance dan static member
*Pengertian Destructor
*Class Member

Kalo cara awam pengertian class adalah sebuah set dari kode yang dideklarasikan dengan keyword ‘class’ diikuti oleh ‘nama class’ serta dilanjutkan dengan beberapa class member yang diapit oleh tanda curly braces (kurung kurawal).

Setiap class berisi sebuah constructor yang akan dipanggil atau dieksekusi secara otomatis setiap instance class dibuat. Bingung kan? Tujuan dari constructor sebetulnya adalah meng-inisialisasi class member saat instance class dibuat. Pasti tambah bingung, class member itu apa sih?? Constructor itu apa sih? Dan lain lain,, hehe

Constructor tidak me-return value dan selalu memiliki nama yang sama dengan class. Mari kita lihat contoh codenya:



Nah, pada Coba.cs diatas, kita memiliki sebuah Class dengan nama ‘Coba’, didalam class Coba ini kita memiliki member class yaitu ‘text_ku’ yang bertipe ‘String’. Nah, kemudian juga terdapat sebuah constructor ‘Coba’. Seperti yang sudah kita bahas diatas, pada contructor ini kita meng-inisialisasi ‘text_ku’ tadi.

Nah, masih pada class ‘Coba’, kita juga membuat sebuah method ‘tampil’ yang akan menampilkan ‘text_ku’ tadi. Juga ada ‘Desctructor Coba’ dengan tanda ~.

Kemudian pada class lain, dalam contoh diatas adalah class ‘Program’, kita membuat sebuah instance baru dari ‘Class Coba’ dengan nama ‘contoh’. Inilah instance kita. Dari instance name yang kita buat, kita memanggil method pada class yang dipanggil yaitu method tampil(). Mudah bukan???

Ah, mungkin ada yang belum dibahas sebelum pamitan, yaitu Destructor ~Coba().

Destructor sama dengan Constructor, kecuali mereka memiliki tanda ~ di depannya. Destructor ini tidak memiliki parameter dan tidak me-return value. Ada kutipan bagus tentang pengertian desctructor yang saya ambil dari csharp-station.com “Destructors are places where you could put code to release any resources your class was holding during its lifetime. They are normally called when the C# garbage collector decides to clean your object from memory.”

OK, sekian dulu tutorial kali ini, tutorial berikutnya kita akan masih membahas C# beginner :)


Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments