Selasa, 06 November 2012

Video
Text

VISUAL C# No.1: Belajar dan mengenal C#.NET


Mari kita mengenal C# (dibaca: see sharp) :)
Telah kita ketahui bersama bahwa Microsoft memiliki banyak sekali bahasa pemrograman seperti Visual Basic.NET, Visual Basic, Visual C++, Visual C#.NET, serta visual lain-lain yang dapat anda cari hingga kita bingung memilih mana yang terbaik. Untuk saya pribadi, mungkin akan lebih menekuni C#.NET ini ketimbang bahasa pemrograman lain seperti Visual Basic maupun C++.

Nah, pada tutorial pertama C#.NET ini, kita akan mencoba untuk mengenal tentang C#.



Apa sebetulnya C#.NET itu??? Yup, saya tidak akan mengarang pengertian dari C# ini, melainkan akan mengutip beberapa sumber dari internet. Mari kita mulai dari penjelasan C#, (^^,)

A.PENGERTIAN
Banyak sekali di internet yang menjelaskan tentang apa itu C#, anda pun dapat mencarinya di gooogle.com.

Pertama, saya akan mengutip penjelasan C# dari Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/C_sharp)

“C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti Java, Delphi, Visual Basic, dan lain-lain) dengan beberapa penyederhanaan. Menurut standar ECMA-334 C# Language Specification, nama C# terdiri atas sebuah huruf Latin C (U+0043) yang diikuti oleh tanda pagar yang menandakan angka # (U+0023). Tanda pagar # yang digunakan memang bukan tanda kres dalam seni musik (U+266F), dan tanda pagar # (U+0023) tersebut digunakan karena karakter kres dalam seni musik tidak terdapat di dalam keyboard standar.”

Supaya lebih jelas, saya akan mengutip penjelasan C# dari blog http://agusp3rmana.wordpress.com/modulku/konsep-bahasa-pemograman-c/

“C# adalah bahasa pemrograman baru yang diciptakan oleh Microsoft yang dikembangkan dibawah kepemimpinan Anders Hejlsberg yang telah menciptakan berbagai macam bahasa pemrograman termasuk Borland Turbo C++ dan orland Delphi. Bahasa C# juga telah di standarisasi secara internasional oleh ECMA. Seperti halnya bahasa pemrograman yang lain, C# bisa digunakan untuk membangun berbagai macam jenis aplikasi, seperti aplikasi berbasis windows (desktop) dan aplikasi berbasis web serta aplikasi berbasis web services.”

Juga ada blog lain yang menjelaskan apa itu C# di http://rojali-jali.blogspot.com/2010/11/pertama-kali-mendengar-kata-c-kita-akan.html

“C# adalah salah satu bahasa pemprogramann intermediate yg digunakan oleh programmer untuk membuat executable programs / program yg dapat di eksekusi. C# dapat memisahkan jarak antara aplikasi yang powerfull tapi membingungkan seperti C++ dan sangat mudah sekali untuk digunakan , C# memiliki extension .CS .”

Sama seperti bahasa pemrograman yang lain, bila kita ingin mengenal sesuatu kita harus mengetahui sejarah dari sesuatu tersebut, akan anda temukan banyak sekali artikel mengenai C# di internet. Untuk selanjutnya mari kita simak sejarah C#.

B.SEJARAH
Sama seperti pengertian dari C#, saya tidak akan menulis sendiri sejarah dari C# melainkan menkutip dari beberapa blog yang saya temukan di internet.

Saya akan mengutip dari blog http://ifqo.wordpress.com/2010/12/08/berkenalan-dengan-bahasa-c/

“C# adalah perpanjangan tangan dari Microsoft Visual J++. Awalnya Microsoft merancang Visual J++ untuk mengaplikasikan bahasa Java pada sistem operasi Windows dan meningkatkan performa antarmuka Microsoft Component Object Model (COM), namun karena terkendala dengan pemegang hak cipta bahasa Java (Sun Microsystems) akhirnya proyek itupun dihentikan dan dicari penggantinya. Dengan berpandangan bahwa bahasa yang menggantikan haruslah lebih “hebat” dan lebih general purpose daripada bahasa yang lain maka kemudian dirancanglah bahasa C#. Perancangannya memakan waktu kurang lebih selama 10 tahun dan dipimpin Anders Helsberg sebagai Kepala divisi Perancangan. Anders Helsberg adalah mantan karyawan Borland yang telah merancang berbagai bahasa pemrograman seperti Turbo Pascal, Delphi dan juga salah satu komponen dalam Visual J++ yaitu Windows Foundation Classes (WFC).”

Sedangkan untuk sejarah panjang bagaimana C# diciptakan anda dapat melihat wikipedia di http://id.wikipedia.org/wiki/C_sharp

C.TUJUAN
Sesuai dengan wikipedia, tujuan pembuatan C# ini adalah sebagai berikut:

1.C# adalah bahasa general purpose (jamak), mendukung OOP, modern dan sederhana.

2.C# ditujukan untuk digunakan dalam mengembangkan komponen perangkat lunak yang mampu mengambil keuntungan dari lingkungan terdistribusi.

3.C# mudah digunakan dan sangat cocok dengan programmer yang telah lama menggeluti keluarga bahasa pemrograman C (C dan C++).

4.Dukungan terhadap beberapa bahasa internasional (multi language).

5.C# ditujukan agar cocok digunakan untuk menulis program aplikasi baik dalam sistem klien-server (hosted system) maupun sistem embedded (embedded system), mulai dari perangkat lunak yang sangat besar yang menggunakan sistem operasi yang canggih hingga kepada perangkat lunak yang sangat kecil yang memiliki fungsi-fungsi terdedikasi.

6.Meskipun aplikasi C# ditujukan agar bersifat ‘ekonomis’ dalam hal kebutuhan pemrosesan dan memori komputer, bahasa C# tidak ditujukan untuk bersaing secara langsung dengan kinerja dan ukuran perangkat lunak yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C dan bahasa Assembly.

7.C# harus mencakup pengecekan jenis (type checking) yang kuat, Pengecekan array, pendeteksian terhadap percobaan terhadap penggunaan variabel-variabel yang belum diinisialisasikan, Portabilitas kode sumber dan pengumpulan sampah (garbage collection) secara otomatis.

Hem, cukup jelas kan pengertian apa itu C# dan sejarah serta tujuannya??

Satu hal yang saya kutip lagi dari blog Mr. Agus Permana adalah mengenai feature dari C#, http://agusp3rmana.wordpress.com/modulku/konsep-bahasa-pemograman-c/

“Sebagai bahasa pemrograman baru C# banyak mengadopsi feature dari beberapa bahasa perogrmaan terkenal dan banyak komunitasnya tetapi yang paling dominan adalah Java adapun komposisinya adalah sebagai berikut 70% Java, 10% C++, 5% Visual Basic, 15% baru."

Feature yang sama dengan JAVA
• Object-orientation (single inheritance)
• Interfaces
• Exceptions
• Threads
• Namespaces (like Packages)
• Strong typing
• Garbage Collection
• Reflection
• Dynamic loading Code
• …..
Feature yang sama dengan C++
• (Operator) Overloading
• Pointer arithmetic in unsafe code
• Some syntactic details
Adapun Feature barunya jika dikomper dengan Java adalah sebagai berikut :
• Reference and output parameters
• Objects on the stack (structs)
• Rectangular arrays
• Enumerations
• Unified type system
• goto
• Versioning
• Component-based programming
- Properties
- Events
• Delegates
• Indexers
• Operator overloading
• foreach statements
• Boxing/unboxing
• Attributes”


Selain feature, saya juga akan menyampaikan kelebihan-kelebihan bahasa C# saya kutip dari http://rojali-jali.blogspot.com/2010/11/pertama-kali-mendengar-kata-c-kita-akan.html

“Kelebihan C# :

- Flexible: C# program dapat di eksekusi di mesin computer sendiri atau di transmiskan melalui web dan di eksekusi di computer lainnya.

- Powerful: C# memiliki sekumpulan perintah yang sama dengan C++ yang kaya akan fitur yang lengkap tetapi dengan gaya bahasa yang lebih diperhalus sehingga memudahkan penggunanya

- Easier to use: C# memodifikasi perintah yang sepenuhnya sama dengan C++ dan memberitahu dimana letak kesalahan kita bila ada kesalahan dalam aplikasi , hal ini dapat mengurangi waktu kita dalam mencari error

- Visually oriented: The .NET library code yang digunakan oleh C# menyediakan bantuan yang dibutuhkan untuk membuat tampilan yang complicated dengan frames, dropdown , tabbed windows, group button , scroll bar , background image , dan lainnya

- Secure: Anysemua bahasa pemprograman yg digunakan untuk kebutuhan internet mesti memiliki security yg benar-benar aman untuk menghindari aksi kejahatan dari pihak lain seperti hacker , C# memiliki segudang fitur untuk menanganinya.”

Dalam pembuatan tutorial C#, nantinya kita akan menggabungkan dengan .NET, sehingga bisa dibilang merupakan C#.NET.

Lalu apa itu .NET?

.Net Framework (baca: Microsoft dot Net Framework) adalah sebuah komponen framework Windows yang mendukung pengembangan aplikasi-aplikasi modern dan XML Web Services. .Net juga bisa berjalan di Linux dengan Mono, anda dapat membaca lebih detail mengenai mono di http://www.mono-project.com/

Nah, sampai di sini pasti sudah ada gambaran pengenalan C#, untuk tutorial selanjutnya kita akan langsung mengetikan kode dalam Visual Studio. Dalam semua tutorial C#.NET saya akan menggunakan Visual Studio, anda dapat menggunakan Visual Studio 2010 ke atas baik express maupun ultimate.

UPDATED 9 Nov 2012
Ada analisa menarik untuk C#.net yang dapat anda donwload di link download tutorial dibawah yang akan menjelaskan lebih komplit mengenai C#.NET ini.
Analisa ini dilakukan oleh Tim Peneliti Sponsio (J-FIRE-MAN & Duodare), silahkan download dan baca, ini merupakan analisa yang sangat bagus yang pernah saya temukan di internet.

Download Analisa C#.NET


Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments