Selasa, 11 September 2012

Video
Text

VISUAL C++ No.10: Cara membuat setup installer untuk aplikasi

Tutorial membuat installer ini bukan hanya untuk C++/CLI saja, melainkan untuk semua bahasa pemrograman Windows, baik C#, C++, VB, dan lain-lain.

Saya yakin, anda sudah tidak asing lagi dengan installer/setup program dalam Windows. Bila anda men-double click sebuah program installasi, maka akan muncul sebuah window installer untuk program aplikasi tersebut. Window installer ini akan menginstall program aplikasi kita ke dalam Windows, juga akan memasang shortcut ke dalam menu dan desktop, serta akan me-register program kita ke dalam Registry. Nah, pertemuan kali ini kita akan membuat installer untuk program yang telah kita buat pada tutorial sebelumnya.



Pada tutorial sebelumnya kita telah membuat sebuah aplikasi sederhana, sebelum kita membuat installernya, terlebih dahulu anda harus mengambil setidaknya 2 buah file dari project kita, saya disini mengambil file .exe dan file icon .ico. Dua buah file inilah yang akan kita package kedalam installer. File pertama adalah aplikasi kita sedangkan file kedua adalah file icon yang akan kita gunakan untuk Shortcut dan Icon program.


Untuk membuat installer/setup program, di sini saya menggunakan Microsoft Visual Studio 2010, anda dapat melihat dengan gamblang tutorialnya pada tutorial video di bawah ini :)


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments