Kamis, 02 Agustus 2012

Video
Text

VISUAL BASIC No.1: Belajar Visual Basic .NET, apa itu VB.NET?


Saya yakin pasti banyak diantara anda yang sering mendengar bahkan menemui kata Visual Basic di komputer kesayangan anda, apalagi untuk anda yang menggunakan system operasi Microsoft Windows. Untuk anda yang masih duduk di bangku sekolah kejuruan terutama STM jurusan perangkat lunak pasti juga sedang mempelajari Visual Basic. Bukan hanya itu saja, untuk orang awam yang sering mengetik di ms.word maupun ms.excel pasti juga sering menemui kata Visual Basic pada menu dari aplikasi yang digunakan tersebut. Bahkan, bila kita survey, pasti banyak pula para programmer Visual Basic di Indonesia ini.

Nah, mengingat betapa luasnya penggunaan bahasa Visual Basic, maka akan lebih bermanfaat bila sedikit-sedikit kita sharing tutorial mengenai VB mulai dari pengenalan sampai tingkat lanjut.


Hanya saja disini kita membahas tentang Visual Basic.NET. Sebetulnya sekarang Visual Basic.NET itu juga sudah kembali lagi menjadi nama Visual Basic saja dengan tanpa kata .’NET’ dibelakang. Luh, kok bisa gonta ganti? Memang sejarahnya gimana sih??

Sebelum kita membahas sejarah, perlu kita ketahui bersama bahwa Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami, digunakan secara luas oleh banyak kalangan, didukung komponen-komponen jadi, professional, dan mampu membuat sebuah aplikasi yang handal untuk system operasi Windows. Inilah Visual Basic.

Lalu bagaimana dengan Visual Basic.NET? Yup, VB.NET merupakan pengembangan dari Visual Basic yang disesuakan dengan NET FRAMEWORK. Sebetulnya banyak orang yang beranggapan bahwa Visual Basic.NET ini sangat berbeda dengan Visual Basic meskipun untuk syntax penkodean tidak jauh berbeda. Perbedaan yang mencolok adalah pada semantic nya. Nah, untuk perbedaan ini akan kita bahas di bawah.

Lalu apa itu NET FRAMEWORK??? Sesuai dengan namanya, ini adalah sebuah framework. Windows menggunakan NET FRAMEWORK (saat tutorial ini ditulis, versi yang tersedia adalah versi 4) untuk memudahkan kita membuat sebuah aplikasi berbasis Windows. Sama seperti kita menggunakan framework Codeigniter untuk membuat sebuah website.

Kembali kita ke VB.NET, bahasa VB.NET merupakan pengembangan dari VB (Visual Basic). Dan Visual Basic itu sendiri merupakan pengembangan dari bahasa BASIC. Hem, ternyata semuanya merupakan turunan dari bahasa BASIC ya? Nah, ingin tau lebih lanjut?

Mari kita bahas satu persatu mulai dari bahasa BASIC terlebih dahulu.

A. Bahasa BASIC
Kita akan mengkutip penjelasan dari Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/BASIC) untuk definisi dari pemrograman BASIC ini,

BASIC, adalah singkatan dari Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code adalah sebuah kelompok bahasa pemrograman tingkat tinggi. Secara harfiah, BASIC memiliki arti "kode instruksi simbolis semua tujuan yang dapat digunakan oleh para pemula". Memang, istilah "Bahasa BASIC" di sini juga bisa diartikan menjadi bahasa untuk pemula, atau dengan kata lain, disebut sebagai bahasa dasar, tapi hal tersebut dirasa kurang tepat, mengingat BASIC dapat juga digunakan oleh para pemrogram ahli.
BASIC pertama kali dikembangkan pada tahun 1963 oleh John George Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz yang berasal dari Dartmouth College, untuk mengizinkan akses terhadap komputer bagi para mahasiswa jurusan selain jurusan ilmu eksakta. Pada waktu itu, hampir semua komputer membutuhkan perangkat lunak, dan waktu itu belum ada perangkat lunak yang dijual secara bebas, sehingga hanya orang-orang tertentulah yang dapat menggunakan komputer, yakni para matematikawan dan ilmuwan, karena mereka dapat membangun perangkat lunak sendiri. Bahasa BASIC, setelah diciptakan menjadi menjamur dan banyak dimodifikasi. Bahasa BASIC menjadi bahasa yang paling populer digunakan pada komputer mikro pada akhir tahun 1970-an dan komputer rumahan pada tahun 1980-an. Dan hingga saat ini, menjadi bahasa yang dialeknya beberapa kali berevolusi.”

Untuk sejarah lebih lengkap, anda dapat melihat referensi dari link Wikipedia di atas.

Dan berikut merupakan contoh syntaks pemrograman BASIC


B. Bahasa Visual Basic
Visual Basic merupakan pengembangan dari bahasa Basic yang sudah berorientasi pada object. Nah, berikut adalah penjelasan Visual Basic yang diambil dari situs Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic)

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).

Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.
Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.

Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.

Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas.[1] Sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java."

Untuk sejarah dan penjelasan lebih lanjut anda dapat mengunjungi situ Wikipedia di atas.
Dari Wikipedia di atas dapat kita lihat bahwa Visual Basic terakhir / sebelum .NET adalah VB 6, kemudian setelah itu berganti menjadi Visual Basic.NET.
Secara garis besar, Visual Basic merupakan bahasa Basic yang berorientasi pada object (Object Oriented Programming) meskipun tidak sepenuhnya karena ada beberapa karakteristik object yang tidak disupport oleh Visual Basic seperti Inheritance dan Polymorphism.
Seperti yang kita bahas di atas tadi, bahwa Visual Basic memiliki dukungan yang luas pada software development karena kemudahan desain form secara visual dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ActiveX yang dibuat oleh pihak lain. Meskipun banyak bug tetapi semua ini disempurnakan dalam Visual Basic.NET.


C. Bahasa Visual Basic.NET
Nah, ini merupakan pengembangan dari Visual Basic 6 (tahun 1998). Berikut merupakan penjelasan yang diambil dari Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic_.NET)

Microsoft Visual Basic .NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunakan alat ini, para programmer dapat membangun aplikasi Windows Forms, Aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command-line. Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti Microsoft Visual C++, Visual C#, atau Visual J#), atau juga dapat diperoleh secara terpadu dalam Microsoft Visual Studio .NET. Bahasa Visual Basic .NET sendiri menganut paradigma bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat dilihat sebagai evolusi dari Microsoft Visual Basic versi sebelumnya yang diimplementasikan di atas .NET Framework.”

Setelah meluncurkan VB 6, maka genap 4 tahun kemudian yaitu pada tahun 2002, Microsoft meluncurkan VB.NET 1.0.

Nah, versi demi versi direlease dan pasti akan selalu diperbaiki dan disesuaikan dengan .NET Framework yang baru. Untuk detail release anda dapat melihat url dari Wikipedia yang kita sertakan di atas.

Berikut merupakan contoh penulisan Visual Basic.NET yang memang tidak jauh berbeda dari Visual Basic.



Untuk editor, anda dapat menggunakan Microsoft Visual Studio, banyak sekali yang jual , anda pun dapat menggunakan Microsoft Visual Studio Express secara gratis. Dengan Microsoft Visual Studio ini kita dapat mengetikkan bahasa pemrograman dari Microsoft, sekaligus dapat membuat installer nya, seperti installshield wizard.

Nah, pada tutorial berikutnya kita akan membahas dan mempraktekkan dengan menggunakan Video Tutorial.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments