Minggu, 19 Agustus 2012

Video
Text

CORELDRAW No.5: Amazing!, Apa yang baru pada CorelDraw X6?

CorelDRAW X6, Amazing Vector Editor!!

Mungkin ada banyak pembaca yang punya sifat seperti saya, suka mencicipi hal baru, dalam hal ini adalah software, mulai dari pengolah photo/vector/grafis, audio video, programing, sampai aplikasi Office. Saya suka sekali menggunakan software-software terkenal dunia kalangan professional yang digunakan banyak orang tingkat atas meskipun softwarenya versi trial, tapi jangan khawatir, software yang akan kita bahas ini sudah banyak dijual baik resmi maupun tidak resmi. Saya punya banyak software baru salah satunya adalah CorelDRAW X6 yang akan kita bahas ini. Sebetulnya saya sebelumnya menggunakan X5, sehingga merasakan perubahan yang cukup terasa saat memulai X6.

Apa sih yang beda? Berikut adalah perubahan luar biasa (Amazing) yang dapat membantu mempermudah dan mempercepat pekerjaan anda.


Sebetulnya banyak sekali perubahan, mulai dari tool, window, koleksi font, sampai pada tampilan UI, sehingga pasti tutorial ini akan sangat panjang dan rumit. Jadi disini saya akan membahas beberapa diantaranya sekaligus menginsertkan 2 buah video tutorial yang akan menjelaskan lebih lengkap mengenai apa yang baru dengan CorelDraw X6. NB: Video ini bukan video buatan saya :)

1. New Drawing Tools
2. Video tutorial included
3. New Color Harmonies
4. New Color Resources
5. New Style Engine and Docker
6. OpenType Support
7. Type Settings for Asian and Middle Eastern Languages
8. Improved Master Layer
9. Page Numberings
10. New Alingment Guides
11. Interactive Frames
12. Placeholder Text
13. Corel Connect
14. Support for the latest computer
15. Support for Adobe CS5 and Microsoft Publisher 2010
16. Dan lain lain (Silahkan lihat Video) Nb: Video ini bukan video saya : )
Nah, mari kita bahas satu per Satu.

1) New Drawing Tools
Saat anda mencoba memulai dengan CorelDRAW X6, maka anda akan terkejut karena ada tambahan tool-tool baru dalam toolbox, coba perhatikan gambar screenshot berikut ini:


Terlihat dengan jelas beberapa Tools baru yaitu Freehand Pick, Smear, Twirl, Attract, dan Repel. Berikut merupakan animasi penggunaan dari masing-masing tersebut diatas, silahkan perhatikan:

Contoh penggunaan Freehand Pick

Contoh penggunaan Smear

Contoh penggunaan Twirl

Contoh penggunaan Attract

Contoh penggunaan Repel

Ada juga sebuah effect baru yaitu Smart Caver, silahkan lihat screenshot di bawah ini:

Ada juga penggunaan pattern, coba lihat gambar dibawah ini, cuman dalam resolusi rendah:


2) Video tutorial included
Hal lain yang menarik saat kita menggunakan CorelDRAW X6 adalah tersedianya video tutorial saat kita mengklik hint, silahkan lihat screenshot:


3) New Color Harmonies

Dengan fasilitas color harmonies, anda dapat meng-group semua color dari object kemudian menyesuaikan warnanya hanya dengan drag pada wheel color seperti pada screenshot diatas.


4) New Color Resources

Color Styles Docker yang baru dalam X6 memungkinkan anda untuk menyimpan color dari document yang sudah ada sebagai resources. Sehingga bila anda ingin menggambar object lain, anda tinggal menggunakan warna resources dari document sebelumnya sehingga didapatkan object baru yang warnanya sama. Lihat pada screenshot:

5) New Style Engine and Docker
Styles Docker yang baru pada X6 juga menyederhanakan kreasi outline, fill , character, paragraph style, juga memperkenalkan sebuah Style Sets yang merupakan kumpulan dari Styles yang dapat anda sesuaikan warnanya secara cepat, mirip seperti penggunaan hue dan saturation dalam Photoshop. Lihat screenshot:

6) OpenType Support
Mungkin anda baru dengar dengan ‘OpenType’? CorelDRAW X6 dilengkapi dan mendukung OpenType. Silahkan lihat video atau Screenshot di bawah ini:

7) Type Settings for Asian and Middle Eastern Languages
CorelDRAW X6 akhirnya mendukung penulisan bahasa Asia dan Timur Tengah seperti pada gambar berikut ini:

Dan bila kita bahas semua yang baru memang tidak akan pernah habis, masih ada Improved Master Layer, Page Numbering, Corel Connect, hingga support untuk Adobe CS5 dan Microsoft Publisher 2010. Silahkan anda lihat video di bawah ini:
Nb: Video ini bukan video saya : )

ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI
PART 1

PART 2

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments