Kamis, 16 Agustus 2012

Video
Text

JAVA ME No.8: Membuat Game - Membuat class untuk integrasi Visual Midlet dan Game Builder - part 3

PART 3: Java Game Class

Pada part sebelumnya kita telah membahas mengenai [[Visual Midlet]] dan [[Game Builder]] sekarang saatnya kita membuat Java Class untuk menggabungkan keduanya sehingga game dapat kita mainkan. Sebetulnya, game seperti ini banyak sekali di internet, dengan penulisan kode dan cara yang berbeda-beda, silahkan anda search di google, pasti banyak game yang akan anda temukan. Screenshot akhir kita adalah seperti gambar di bawah ini:


Dalam pembuatan Java Class ini kita meng-extends GameCanvas dan kita membuat Thread dalam format Runnable (untuk membahas mengenai Thread dapat anda lihat di tutorial sebelumnya [[THREAD]].

Di dalam Java Class ini, kita akan mencoba untuk mengacak posisi bola dan lingkaran, membuat random number, menggambar tulisan ke layar, menyesuaikan layar dengan gerak object, menggerakkan object, membuat fungsi untuk mengidentifikasi tombol mana yang dipencet user, membuat Timer, dan masih banyak lagi.

Untuk memudahkan dalam mempelajari baris kode yang kita ketikkan, maka dalam Java Class ini kita bagi dalam beberapa tahapan diantaranya adalah sebagai berikut:
- Tahap 1: Meloading semua sprite kedalam Screen
- Tahap 2: Menggerakkan Sprite Laba-Laba
- Tahap 3: Mengambil, membawa, dan menyatukan bola dan lingkaran sesuai dengan warna
- Tahap 4: Penilaian
- Tahap 5: Countdown dan pemberitahuan menang kalah

Nah, cara kerja dari Game ini adalah ada sebuah laba-laba yang dapat kita gerakkan ke kanan, kiri, atas dan kebawah. Laba laba ini harus mengambil bola dan memasukkan atau menyatukan bola dengan lingkaran yang sama warnanya. Bila berhasil maka skor akan bertambah, bila gagal maka skor akan berkurang. Dan pemain pun juga harus waspada , karena ada hitungan mundur, sehingga pemain hanya memiliki waktu 120 detik untuk menyelesaikan 8 buah bola yang warnanya berbeda. Bila waktu habis dan pemain gagal menyelesaikan permainan, maka bisa dipastikan akan mendapatkan pemberitahuan ‘YOU LOSE’.

Nah, game ini juga dilengkapi dengan Help, About, dan menu Exit.

Nah, dari 5 Tahapan diatas, kita membuatnya dalam 2 video yang simple dan mudah dipahami sekaligus mudah diperagakan. Berikut adalah 2 video tersebut:
A.Video 1
Berisi:
Tahap 1: Meloding semua sprite kedalam Screen
Tahap 2: Menggerakkan Sprite laba-laba


B.Video 2
Berisi:
Tahap 3: Mengambil, membawa, dan menyatukan bola dan lingkaran sesuai dengan warna
Tahap 4: Penilaian
Tahap 5: Countdown dan pemberitahuan menang kalah

PART TUTORIAL INI:
Part 1 : JAVA ME No.6: Membuat Game - Pengertian Visual Midlet, Apa itu visual Midlet - Part 1
Part 2 : JAVA ME No.7: Membuat Game - Belajar menggunakan Game Builder - part 2
Part 3 : Halaman ini
Part 4 : JAVA ME No.9: Membuat Game - Menambahkan audio pada game - part 4



Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments