Minggu, 22 Juli 2012

Video
Text

JAVA ME No.5: Sign Up User Interface-Mengambil dan Mengirim data melalui GET dan POST - Part 2

PART 2
Pada tutorial Part pertama kemarin, kita telah membuat sebuah GUI registration dengan Java Me yang terdiri dari TextField (name, email, password, password2, captchainput) dan DateField untuk date of birth serta ChoiceGroup component untuk dropdown gender. Dari keseluruhan component tersebut kemudian kita append satu persatu kedalam form yang telah kita jadikan sebagai event listener untuk process command.
Nah, lalu bagaimana dengan Part 2 ini?


Dalam part 2 kita terlebih dahulu meringkas kode – kode kita supaya lebih indah. Saya bilang indah karena memang harus indah meskipun tidak terlihat indah dimata seorang Java Expert. Intinya kita ringkas dengan tidak mempengaruhi cara kerja, justru dengan meringkas seperti ini kita bisa sedikit menghemat memory baik RAM saat program jalan maupun ukuran file program.

Selain peringkasan kode untuk komponen UI nya, kita juga membuat sebuah ‘random digit’ untuk captcha. Random digit ini digenerate setiap program aplikasi dilaunching.

Dalam kode selanjutnya kita akan membuat fungsi untuk memproses data yang telah dimasukkan pengunjung, baik dalam hal validasi password maupun validasi captcha. Setelah tervalidasi baru kemudian kita mengambil semua data dan memasukkan kedalam parameter sebelum kita mengirim ke url server.

Proses pengiriman server pun bukan hal yang mudah diteorikan untuk user yang awam dalam java, di sini kita perlu menggukanan class input output diantaranya adalah InputStream, OutputStream, Connector, HttpConnection, dan lain lain.

Ingin tau bagaimana cara melakukannya? Silahkan tonton videonya dan download sourcecodenya.

Note: dalam video tutorial kita hanya memperagakan penggunakan method POST saja, tetapi untuk method GET juga kita sertakan dalam sourcecode.

Dan dalam sourcecode GET telah kita tambahkan comment [[BEDA]] untuk membedakan dengan POST.

*REVISI 22 Juli 2012:

Ada kekurangtelitian dalam video, nilai untuk Sex dan Dateofbirth adalah null karena kurang teliti dalam codenya, untuk source code telah kita sesuaikan.
Bagian yang perlu diperbaiki adalah:

Line:
String the_sex = sex.getString(sex.getSelectedIndex());

Diganti dengan
String the_sex = null;
//get sex dari choicegroup
for(int a = 0; a<2; a++){ if(sex.isSelected(a)){ the_sex = sex.getString(a); } } ==========================================
Line:

String the_dateofbirth = dateofbirth.getDate().toString();

Diganti dengan:
//ini untuk date
String the_dateofbirth = null;
Calendar cal= Calendar.getInstance();
cal.setTime(dateofbirth.getDate());
the_dateofbirth = cal.get(Calendar.DAY_OF_MONTH) + "-" + ( cal.get(Calendar.MONTH) + 1 ) + "-" + cal.get(Calendar.YEAR);


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI

PART 1 : JAVA ME No.4: Membuat Sign Up user interface (UI) dan penjelasan arsitektur UI JavaME - Part 1


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments