Rabu, 11 Juli 2012

Video
Text

JAVA ME No.4: Membuat Sign Up user interface (UI) dan penjelasan arsitektur UI JavaME - Part 1

PART 1
Pada tutorial ini kita akan membahas mengenai User Interface (UI) pada JavaME. Atau lebih tepatnya UI pada MIDP 2.0 , atau lebih tepatnya lagi kita akan membahas UI pada midlet.

Midlet merupakan aplikasi mini dari MIDP, dan interaksi antar pengguna dengan aplikasi Midlet ini perlu diperhatikan mengingat keterbatasan sumberdaya devices yang ada. Interaksi antara pengguna dengan software aplikasi dalam handphone/device inilah yang disebut dengan User Interface (UI). Dalam kaitannya dengan hal ini kitapun juga harus memahami UI karena dalam setiap pengimplementasian UI juga kita harus memperhitungkan ukuran layar device.


MIDP 2.0 dan versi setelahnya, menyediakan UI classes dalam 2 packages, yaitu javax.microedition.lcdui dan javax.microedition.lcdui.game. Lcdui merupakan kepanjangan dari Liquid Crystal Display User Interface.

Untuk yang package yang pertama, dapat dibagi dalam 2 group yaitu high dan low level group. High level group merupakan development Midlet untuk pengkodean yang ditargetkan ke devices secara umum yang banyak digunakan masyarakat. High level untuk display ini terdiri dari Alert, Form, List, dan TextBox. Inilah penyusun UI dalam midlet yang dapat anda lihat pada gambar di bawah ini:

Sedangkan untuk Low Level group terdapat Canvas dan Graphics untuk menyusun sebuah UI.

Mungkin low level ini tidak bisa dideploy dalam beberapa device karena memang device tersebut miskin sumberdaya.


Nah, dalam praktek kali ini kita akan mempraktekan penggunakan ‘Form’ untuk pembuatan Sign Up user interface dalam J2ME / Java ME yang screenshotnya bisa anda lihat di halaman bagian atas.

Class form itu sendiri terdiri dari berbagai komponen / item diantara sebagai berikut:
1. StringItem, yaitu sebuah label yag tidak dapat dimodifikasi oleh penguna. Item ini dapat mengandung title dan text,
2. DateField, yaitu sebuah date untuk memilih tanggal. Kita dapat mengesetnya dalam beberapa format tanggal yaitu DATE, TIME, atau DATE_TIME.
3. TextField, ini sama dengan textbox, yaitu komponen dimana kita dapat mengetikkan teks.
4. ChoiceGroup, ini hampir mirip dengan komponen list, atau lebih mirip lagi ini merupakan sebuah group untuk radio button kalo dalam Html.
5. Spacer, spacer merupakan komponen yang tidak terlihat di layar tapi berperan penting untuk membatasi atau sebagai pembatas antar komponen.
6. Gauge, ini merupakan komponen untuk progressbar.
7. ImageItem, merupakan komponen untuk menambahkan image kedalam form
8. CustomItem, merupakan abstract class yang dapat digunakan oleh pengguna untuk membuat tampilan sendiri.

OK, silahkan anda simak video tutorial pembuatan UI sign up berikut ini, di sini kita akan mengimplementasikan sebagian besar item/komponen penyusun form diatas. Tetapi ini merupakan part pertama, pada part 2 nanti kita akan membuat sebuah fungsi untuk posting data ke remote server.


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI

PART 2 : http://www.mediatutorial.web.id/2012/07/java-me-no5-sign-up-user-interface.html


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments