Kamis, 26 Juli 2012

Video
Text

JAVA ME No.6: Membuat Game - Pengertian Visual Midlet, Apa itu visual Midlet - Part 1

PART 1
Pada Tutorial tingkat lanjut ini kita akan mengembangkan project Java ME kita ke pembuatan game. Dalam pembuatan game ini nanti kita akan menggunakan Visual Midlet dan Game Builder yang sudah ada pada Netbeans. Tetapi terlebih dahulu pada Part 1 ini kita akan membahas mengenai Visual Midlet. Apa itu Visual Midlet, apa kegunaannya dan lain lain.

Dalam tutorial-tutorial sebelumnya, untuk membuat sebuah MIDP Application atau yang biasa disebut dengan Midlet, kita selalu mengetikkan kode baris per baris hingga membentuk sebuah application.


Nah, taukah anda, dengan Visual Midlet kita dapat dengan mudah membuat sebuah Midlet hanya dengan Drag and Drop serta click kanan. Semua component dan command dapat kita attach hanya dengan drag. Semua component dan command dapat kita hubungkan hanya dengan memberikan sebuah garis penghubung. Sehingga sangat membantu dalam mengerjakan sebuah aplikasi untuk MIDP/mobile.

Dalam tutorial ini anda akan dipandu bagaimana menggunakan visual midlet, bagaimana menambahkan form dan Splash Screen, serta bagaimana cara menambahkan image pada menu command. Screenshot dapat anda lihat pada gambar animasi dibawah ini:

Tambahan (Cara mengganti Icon dan Nama application)
Ada yang lupa dalam video tutorial ini, yaitu kita belum memaparkan bagaimana cara mengganti icon dan nama aplikasi midlet seperti pada gambar screenshot dibawah ini:

Bagaimana cara merubahnya?
1. Klik kanan project -> pilih properties
2. Pilih menu ‘Application Descriptor’, di sinilah icon dan nama aplikasi kita yang akan muncul pada layer handphone.
3. Untuk mengganti nama aplikasi, anda tinggal memilih tab attributes , silahkan edit dari value Midlet-name , seperti pada gambar dibawah ini:

4. Sedangkan untuk mengganti icon application, and dapat memilih tab Midlet, dan mengedit Midlet icon seperti pada gambar dibawah ini:

PART TUTORIAL INI:
Part 1 : halaman ini
Part 2 : JAVA ME No.7: Membuat Game - Belajar menggunakan Game Builder - part 2
Part 3 : JAVA ME No.8: Membuat Game - Membuat class untuk integrasi Visual Midlet dan Game Builder - part 3
Part 4 : JAVA ME No.9: Membuat Game - Menambahkan audio pada game - part 4

ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments