Minggu, 24 Juni 2012

Video
Text

METU+ No.5: Release MeTu Alpha 0.9 - Administration for Meta - Logo - Templates - Languages

New of MeTu+ Release!!

Kembali kita di sini akan sharing mengenai project cms kita yang sudah lebih dari 2 minggu vacum dari release tutorial di Mediatutorial ini. Sekali lagi untuk anda yang baru saja menemukan situs ini pasti belum mengetahui apa itu project MeTu+.
MediaTutorial Plus (MeTu+) merupakan project cms yang nantinya digunakan untuk social network. Project ini dibuat dengan framework Codeigniter dan kode-kodenya kami buka sehingga anda dapat melihat kode didalamnya.



Mungkin banyak juga yang bertanya kenapa project ini begitu lama selesainya? Yup, mengingat hanya satu orang yang mengurusi project ini jadi pengembangan project juga agak terlambat, terlebih juga terbebani dengan kesibukan pekerjaan.

Oke, mari kita lihat dan kupas apa yang baru dalam MeTu+ Alpha 0.9 ini,,

A. DISPLAY
Pertama, kita akan membahas ‘Display’ atau tampilan. Penyelesaian versi alpha 0.9 ini dititik beratkan pada Administrasi Sites. Dalam bagian ini terdapat 4 (empat) sub bagian yang menjadi pokok pengkodean utama yaitu ‘Meta Tags’, ‘Basic Setting’, ‘Templates’ dan ‘Languages’.

Mari kita bahas satu persatu dari ke-empat koding tersebut kita mulai dari ‘Meta Tags’.
Perhatikan Display tampilan Meta Tags berikut ini:


Dalam Meta Tags, kita memiliki 3 form untuk mengganti Meta Tags kita, yaitu Title, Keywords, dan Description. Ketiga tag inilah yang berperan penting dalam search engine untuk situs anda. Process update / change dalam Meta Tags ini adalah semuanya menerapkan caching. Jadi setelah update kedalam database, maka fungsi akan membuat/mengupdate file cache dalam folder cache.

Kemudian, setelah Meta Tags, mari kita melihat sub bagian ‘Basic Settings’, lihat gambar berikut ini:


‘Basic Settings’ ini merupakan bagian dimana admin nantinya dapat mengganti logo yang sedang aktif/digunakan dalam website. Dalam proses upload photo kita kita memberikan fungsi untuk me-resize image yang akan anda gunakan sebagai logo, untuk itu perlu diperhatikan untuk admin supaya ukurang logo menyesuaikan dengan selera masing-masing.

Selain pengubahan Logo, dalam basic settings ini admin juga nantinya dapat mengubah email site. Apa sebetulnya email site?? Email site nanti rencananya akan kita gunakan sebagai email pemberitahuan apabila ada member baru terdaftar, ada message dari member, maupun sebagai alamat email bila MeTu+ mengirimkan pesan pemberitahuan seperti konfirmasi pendaftaran dan lain-lain.

Sama seperti apa yang telah kami sampaikan di atas, proses updating untuk logo dan email site ini juga menerapkan update and cache, yaitu update kedalam database kemudian update file cache nya.

Berikut adalah contoh prosess penggantian logo, saya menggantinya dengan logo twitter:


Oke, sub bagian ‘Basic Settings’ telah kita sampaikan, sekarang mari kita ke bagian berikutnya, yaitu ‘templates’. Ini adalah bagian untuk administrasi templates. Pada bagian ini kita dapat menginstall template, mensetting template sebagai default template, dan mempreview template dan lain lain.

Perhatikan gambar screenshot template berikut ini:


Mungkin ada pertanyaan untuk anda yang tertarik dengan project MeTu+ ini, bagaimana caranya membuat templates?? Lalu mengkonfigurasinya?? Dan lain lain, sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut, silahkan perhatikan screenshot gambar dibawah ini:


Pembuatan templates adalah sangat mudah, anda tinggal mengcopy paste dan mengedit templates yang sudah ada ke dalam folder templates/ , nantinya secara otomatis kode MeTu+ akan men-scan folder templates. Perhatikan juga pada folder config/ tepatnya didalam tmpl_metu, dalam folder config/ itulah semua informasi mengenai templates dapat anda tuliskan seperti creator (pembuat), tanggal dibuat, website, dan lain lain. Dan pastikan juga anda menyertakan preview thumbnail dari templates anda tesebut.

Oke, kemudian sub bagian yang terakhir adalah ‘Languages’. Disinilah tempat pengaturan bahasa dapat kita setting. Coba perhatikan gambar screenshot berikut ini:



Pada ‘Languages Administration’ ini anda dapat memilih bahasa default untuk situs anda. Untuk versi alpha ini, kita hanya menyediakan 2 bahasa, yaitu en dan id (English dan Indonesia). Pada release berikutnya nanti kita akan menambahkan fasilitas supaya admin dapat menginstall language sendiri.

Dalam MeTu+ setiap language terdiri dari key dan value, yang dapat kita edit, kita tambahkan dan kita delete. Jadi bisa dibilang bagian languages ini sangat flexible dan mudah digunakan. Coba perhatikan gambar berikut ini, kita mensetting dengan language id:


Selain itu kita pun juga dapat menggunakan fasilitas cari/search untuk menemukan language key yang ingin kita ganti terjemahannya, berikut adalah screenshot searching untuk mencari dengan kata kunci “all” pada language:

Bisa dibilang bahwa bagian language ini merupakan bagian multiguna untuk administrasi situs oleh admin nantinya.

B. STRUCTURE CODING
Setelah pertama tadi kita membahas tampilan, sekarang kita akan membahas structure coding. MeTu+ versi 09 alpha ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya. Anda dapat membandingkan structure antar versi dengan software Beyond Compare. Perhatikan screenshot berikut, saya membandingkan antara versi 0.8 Alpha dengan 0.9 Alpha:



Pada screenshot di atas, kita hanya menampilkan ‘differences’ atau perbedaan antara versi sekarang dengan versi sebelumnya, warna merah menunjukkan file telah diedit, warna biru menunjukan bahwa file merupakan file tambahan baru yang tidak terdapat dalam versi release sebelumnya.

Dengan begitu anda dapat melihat perbedaan code antar keduanya, dalam versi sekarang kita mengubah banyak code, menambahkan banyak code terutama untuk proses CRUD dan Caching.

Untuk melihat project keseluruhan berikut kami tampilkan kembali sctructure folder nya:


Demikian ulasan kita untuk review MeTu+ Alpha 0.9, sekali lagi bahwa ini merupakan project open source, silahkan anda melihat code-code yang ada didalamnya. Silahkan anda kembangkan bila berminat dengan project ini. Dan terakhir, kami juga menyediakan download source code sekaligus demo untuk admin pada link di bawah ini.

Demo dapat menklik dibawah ini:
email: admin@yahoo.com
pass: admin

Bug 26 Juni 2012 Ada yang lupa dalam proses login, yaitu bila anda menambahkan tanda koma atas maka akan error,
contoh, silahkan login, masukan email : 'admin@yahoo.com
maka akan error,

SOLUSI:
buka file login.php pada metu/application/controllers/login.php

lihat line ke 24,
$this->form_validation->set_rules('email', 'email', 'trim|required|min_length[3]|max_length[50]|xss_clean');

ganti dengan:
$this->form_validation->set_rules('email', 'email', 'trim|required|min_length[3]|max_length[50]|xss_clean| valid_email');

Yup, lupa tidak dikasih 'valid_email' (^^,)



Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments