Jumat, 29 Juni 2012

Video
Text

JAVA ME No.3: Membuat aplikasi MIDlet phone sederhana

Seperti yang sudah saya sampaikan pada tutorial sebelumnya, setelah kita membahas apa itu CDC, CLDC, MIDP dan MIDlet, sekarang tiba waktunya untuk membuat sebuah aplikasi MIDP atau yang biasa disebut dengan aplikasi MIDlet. Bisa dibilang ini merupakan aplikasi MIDlet pertama kita. Dalam penkodean ini kita akan membuat sebuah aplikasi seperti layaknya sebuah handphone, dan kita akan memberikan menu contact untuk meloading buku telephone, serta menu send message untuk mengetikkan message. Juga ada menu call, sehingga saat buku telephone telah terloading setiap item bisa dicall.



Perlu diperhatikan bahwa ini adalah aplikasi pertama kita, tidak ada ‘hal berat’ disini, semuanya serba simple dan pasti akan sangat bermanfaat untuk anda yang belum pernah sama sekali mengetikan kode pada Java ME. Dalam aplikasi ini nanti memang ada phone book, ada send message dan ada menu call. Tetapi semua ini hanya baru simulasi, artinya kita belum membuat kode sebenarnya untuk fungsi-fungsi mobile network seperti itu.

Aplikasi yang kita buat ini terdiri dari komponen Form, TextBox dan List. Form kita gunakan untuk display utama, sementara TextBox kita gunakan untuk kirim sms dan List kita gunakan untuk buku telephone.

Selain pembuatan komponen, kita juga akan membuat beberapa Command, diantaranya back, exit, send message, contact list, call, dan lain lain. Dan setelah itu kita nanti akan menerapkan Listener pada komponen agar dapat berinteraksi dengan Command yang kita berikan.

Dalam proses selanjutnya kita hanya mensetting current display untuk aplikasi kita.

Silahkan anda lihat dan tonton video Tutorial dibawah ini, anda pun dapat mendownload source code yang telah kita sertakan.


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments