Minggu, 17 Juni 2012

Video
Text

C++ No.5: Membuat GUI pertama dengan wxWidgets

Setelah sebelumnya kita mensetting bagaimana cara menggunakan Library wxWidgets pada IDE CodeBlocks, sekarang saatnya kita mempraktekan cara membuat mini GUI dengan wxWidgets ini.

Sebetulnya proses pembuatan GUI dalam wxWidgets + Code::Blocks itu sendiri hampir sama prosesnya seperti saat kita membuat GUI dengan Windows Api (Visual C++). Tapi dalam proses pengetikan tentu penggunaan wxWidgets jauh lebih mudah dimengerti.



Dalam tutorial ini kita nanti akan membuat sebuah mini gui dengan sebuah menu “file” toolbar atas, menu file ini nanti akan ada 2 item yaitu exit dan about, andapun nantinya dapat mengembangkan sendiri menjadi sebuah aplikasi lengkap.

Dalam pembuatan GUI wxWidgets, setiap class harus kita include kan “wx.h”, inilah file header utama dalam wxWidgets. Dalam tutorial ini, untuk membuat sebuah GUI kita membuat dua buah class dalam satu file, yaitu class untuk aplikasi dan class untuk frame (kita menggunakan frame based saja).

Nah, bagaimana cara membuat GUI lengkap dengan title bar, menu bar , status bar pada wxWidgets dan Code::Blocks?? Silahkan lihat video tutorial di berikut ini,

ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments