Sabtu, 12 Mei 2012

Video
Text

PHP MYSQL No.19: Membuat cache database, Array Vs Database

Ada banyak hal yang biasanya menjadi pikiran seorang pemilik web, terutama bila webnya sudah naik daun dikunjungi ratusan sampai ribuan orang perhari. Salah satunya adalah bagaimana mempercepat website yang bersangkutan. Untuk mempercepat inipun dibagi dalam beberapa cara baik internal processing pada server maupun dari sisi design. Semakin banyak diakses maka penataan prosessing server dan design tampilan web sangat penting baik untuk kecepatan maupun mengefektifkan bandwidth.

Pada tutorial kali ini kita akan membahas salah satu trik untuk mempercepat kecepatan dari sisi server yaitu database processing. Bila kita berbicara mengenai database processing, maka akan kita temukan banyak sekali trik untuk mempercepat database processing ini, salah satunya adalah sqlite. Maka , dalam tutorial ini kita akan memperkecil bab kita ke dalam salah satu trik database processing, yaitu database caching.


Apa sebetulnya database caching? Tentu anda sudah tau yang namanya cache bukan? Nah, jadi disini kita akan melakukan cache terhadap database processing, sehingga pada process yang akan datang kita tidak perlu melakukan process kedalam database melainkan hanya melakukan process terhadap cache.

Sama seperti diatas tadi, bila kita berbicara database caching, maka kita juga akan menemukan beberapa trik , seperti caching halaman process kedalam html. Tapi disini kita akan membatasi bahasan kita yaitu kita akan mengcache database process ke dalam array.

Kenapa kedalam array?? Bila anda memiliki data banyak, yang setiap saat diakses oleh process, yang tidak memerlukan sorting, searching, dan lain lain, maka array merupakan cara yang tepat untuk mempercepat pemrosesan data.

Trik ini bekerja dengan baik bila user anda sangat banyak, koneksi sangat banyak, traffic tinggi, dan tentu saja sangat efektif untuk website skala sedang.
*Bila anda menemukan hasil yang berbeda silahkan comment, supaya tutorial ini menjadi sempurna.

Ujicoba saya lakukan dengan menggunakan localhost, 1 koneksi database, 1 proses database, tidak ada proses dari external file, tidak ada xhr, dan lain lain. Hasil pasti berbeda tergantung aktivitas situs live anda.

Pada video tutorial ini , kita akan menjelaskan caching, menjelaskan code trik untuk caching, membandingkan Array vs Database, dan trik ini nanti akan kita implementasikan pada [[metu project]] release yang akan datang.

ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments