Senin, 28 Mei 2012

Video
Text

METU+ No.4: Release Metu Alpha 0.8 - Home Administration - Menu Compiling + Cache - dan lain-lain


New Release, MeTu+ 0.8 Alpha. What new in this version?? (^^,) seperti yang selalu kita sampaikan bahwa dalam versi Alpha kode-kode akan selalu berganti disesuaikan dengan kebutuhan coding. Begitu juga dalam versi 0.8 alpha ini, banyak sekali kode yang kita update, kita edit, kita tambahkan yang baru dan lain-lain.

Ada beberapa hal baru dalam versi terbaru kita ini, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
- Finishing home administration [MeTu+ Engine detail], MeTu+ network, Feed Reader untuk Mediatutorial.web.id
- Penambahan cache menu (Compiled menu)
- Penambahan embrio untuk Modules
- Dan masih banyak pengeditan kode-kode lainnya


1.Finishing home administration [MeTu+ Engine detail], MeTu+ network, Feed Reader untuk Mediatutorial.web.

Pada administration MeTu+, ada halaman home administration. Pada halaman home administration ini telah kita selesaikan dan kita berikan beberapa table diantara table MeTu+ engine, table MeTu+ network dan Feed reader Mediatutorial.web.id

Table MeTu+ Engine ini kita buat supaya user dapat mengetahui detail MeTu+ yang terinstall di hostingnya dan juga terdapat link check update bila suatu saat nanti user ingin mendapatkan versi terkini.

Selain MeTu+ Engine, kita juga memberikan link mungkin berguna untuk user yang ingin berdiskusi atau bertanya mengenai MeTu+ development.

Satu lagi yang kita tambahkan yaitu sebuah feed reader, dengan feed reader ini maka user dapat langsung mengetahui tutorial terupdate dari Mediatutorial.web.id.
Feed Reader kita ini merupakan sebuah ‘modules’. Dan selain plugin, kita juga menambahkan fasilitas modules, fungsinya sih nanti setiap user dapat menginstall dan uninstall modules dari panel admin.

Gambar 1: Home Administration


2.Penambahan cache menu (Compiled menu)
Pada release kali ini , kita juga memperbaiki system menu dengan mengimplementasikan cache, sehingga nanti pada coding berikutnya kita dapat dengan mudah mensetting (edit, tambah, remove) menu dari admin panel.

Caching menu ini bukanlah sebuah proses yang sederhana. Sama seperti prosesing cache pada bagian-bagian lain dalam MeTu+, pada proses meng-cache menu ini kita akan meng-catch semua data menu yang ada dalam table database, kemudian kita convert ke dalam complex array dan baru kita membuat file cache berdasarkan complex array tersebut.

Gambar 2: Screenshot Menu pada MeTu+

Gambar 3: Penyempurnaan cache untuk menu

Gambar 4: function untuk membuat menu cache

Gambar 5: fungsi untuk membuat cache file

3.Penambahan embrio untuk Modules
Release yang terbaru ini kita mulai sedikit mengedit embrio untuk modules. Kita bilang ‘embrio’ karena ini memang baru embrio dan belum final. Nantinya masih banyak sekali penkodean yang harus dilalui untuk membuat sebuah modules yang dapat diinstall dan uninstall melalui admin panel.

Dengan adanya module ini nantinya pengguna dapat menambahkan fasilitas/tool yang tersedia dalam MeTu+ modules hanya dengan beberapa click saja.

Gambar 6: Modules TOC Mediatutorial.web.id

4.Dan masih banyak pengeditan kode-kode lainnya
Sebetulnya masih banyak sekali kode-kode yang kita ubah, anda dapat membandingkan versi sebelumnya dengan versi release kita ini dengan menggunakan beyond compare yang telah kita bahas pada [[Webdeveloper Tool No.2: Beyond Compare Sebuah tool powerfull untuk developer]]

Gambar 7: Compare MeTu+ 0.7 Alpha vs 0.8 Alpha



NB:
User Login
email: admin@yahoo.com
password: admin


Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments