Video
Text

JAVA No.14: Membuat Notepad App - Membuat layout GUI dan Menu dengan Awt dan Swing (Part 1)

Pernahkah anda praktek membuat sebuah Notepad dengan menggunakan Java??? bila iya, pernahkah anda meng-codingnya dengan menggunakan Awt dan Swing?? Untuk anda yang masih newbie dalam pemrograman Java, maka praktek membuat Notepad dengan menggabungkan Awt dan Swing ini akan sangat mudah dipahami, karena tutorial ini dibuat sesimple mungkin (^^,).

Tutorial ini merupakan Part1 (Membuat GUI dan Menu dengan Swt dan Swing), disini kita hanya akan membuat sebuah window dengan textarea dan menu didalamnya. Untuk menu item yang kita buat meliputi New, Open, Save, Save as, dan Close. Sehingga untuk tutorial yang selanjutnya kita akan membuat fungsi-fungsi untuk setiap menu item tersebut. Silahkan lihat screenshot untuk lebih jelasnya.

Kenapa kita menggabungkan Awt dan Swing? kenapa tidak memakai Swing saja atau Awt saja? kenapa masih memakai Awt padahal Swing diciptakan untuk menyempurnakan Awt?
Inilah pertanyaan yang sering muncul untuk pada developer yang sudah cukup pengalaman dalam penggunaan GUI Swing dan GUI Awt.

Lalu apa sebetulnya Awt dan Swing itu??
Sebetulnya teori sederhannya adalah bila sebuah aplikasi disusun dengan Awt, maka bila kita menjalankan pada sistem operasi misalnya windows, maka nanti window aplikasi akan look and feel seperti window pada sistem operasi windows. Sebaliknya, bila aplikasi disusun dengan Swing, maka meskipun aplikasi dijalankan dalam OS Windows, tampilan look and feel tetap seperti Java asli, yaitu seperti chrome perak.

Penggabungan Awt dan Swing akan mempermudah kita dalam pembuatan aplikasi, karena look and feel dan event handling dapat dengan mudah kita implementasikan. :)

Dalam pembuatan Aplikasi Notepad part 1 ini kita hanya akan membuat tampilan dan menu. Untuk membuat tampilan kita menggunakan JFrame (swing) sedankan untuk menu dan textarea kita mengunakan class Awt.


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Tutorial ini dibuat dalam 2 part
Part 1: Membuat Notepad App - Membuat layout GUI dan Menu dengan Awt dan Swing (Part 1)(halaman ini)
Part 2: JAVA No.15: Membuat Notepad App- Membuat function untuk setiap MenuItem Awt dan Swing (Part 2)

Berikut merupakan screenshot code nya, untuk kode lengkap, silahkan download source code atau tonton videonya, simple and works.


How Easy It Is!

Tahukah anda, belajar pemrograman itu mudah. Mari kita belajar dan jangan berfikir bahwa membuat software itu sulit :)
Baca, simak, dan praktekan. Look! betapa mudahnya!!
Mohon untuk membagikan pengetahuan sederhana ini dengan mengklik icon-icon berikut ini:

Created by: MediaTutorial Staff
CREATOR : Okie Eko Wardoyo
"Saya hanya pembelajar, saya ingin setiap rekam jejak belajar saya tercatat di blog ini. So, don't think i'm an expert.
Hi, btw, adakah yang mau bantu membuat tutorial? click KIRIM TUTORIAL di kanan atas halaman ini bila tertarik :) "

Bila anda menemukan ada yang salah dengan tutorial ini, silahkan contact/comment, pasti saya update

Contact :
Fb | | @Twitt | okie_eko_wardoyo[at]yahoo[dot]com
Note: Bila anda menemukan link demo atau link source code atau gambar screenshot kadaluarsa, mohon segera menghubungi kami

Comments