Video
Text

JAVA No.14: Membuat Notepad App - Membuat layout GUI dan Menu dengan Awt dan Swing (Part 1)

Pernahkah anda praktek membuat sebuah Notepad dengan menggunakan Java??? bila iya, pernahkah anda meng-codingnya dengan menggunakan Awt dan Swing?? Untuk anda yang masih newbie dalam pemrograman Java, maka praktek membuat Notepad dengan menggabungkan Awt dan Swing ini akan sangat mudah dipahami, karena tutorial ini dibuat sesimple mungkin (^^,).

Tutorial ini merupakan Part1 (Membuat GUI dan Menu dengan Swt dan Swing), disini kita hanya akan membuat sebuah window dengan textarea dan menu didalamnya. Untuk menu item yang kita buat meliputi New, Open, Save, Save as, dan Close. Sehingga untuk tutorial yang selanjutnya kita akan membuat fungsi-fungsi untuk setiap menu item tersebut. Silahkan lihat screenshot untuk lebih jelasnya.

Kenapa kita menggabungkan Awt dan Swing? kenapa tidak memakai Swing saja atau Awt saja? kenapa masih memakai Awt padahal Swing diciptakan untuk menyempurnakan Awt?
Inilah pertanyaan yang sering muncul untuk pada developer yang sudah cukup pengalaman dalam penggunaan GUI Swing dan GUI Awt.

Lalu apa sebetulnya Awt dan Swing itu??
Sebetulnya teori sederhannya adalah bila sebuah aplikasi disusun dengan Awt, maka bila kita menjalankan pada sistem operasi misalnya windows, maka nanti window aplikasi akan look and feel seperti window pada sistem operasi windows. Sebaliknya, bila aplikasi disusun dengan Swing, maka meskipun aplikasi dijalankan dalam OS Windows, tampilan look and feel tetap seperti Java asli, yaitu seperti chrome perak.

Penggabungan Awt dan Swing akan mempermudah kita dalam pembuatan aplikasi, karena look and feel dan event handling dapat dengan mudah kita implementasikan. :)

Dalam pembuatan Aplikasi Notepad part 1 ini kita hanya akan membuat tampilan dan menu. Untuk membuat tampilan kita menggunakan JFrame (swing) sedankan untuk menu dan textarea kita mengunakan class Awt.


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Tutorial ini dibuat dalam 2 part
Part 1: Membuat Notepad App - Membuat layout GUI dan Menu dengan Awt dan Swing (Part 1)(halaman ini)
Part 2: JAVA No.15: Membuat Notepad App- Membuat function untuk setiap MenuItem Awt dan Swing (Part 2)

Berikut merupakan screenshot code nya, untuk kode lengkap, silahkan download source code atau tonton videonya, simple and works.


Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: MediaTutorial Staff

PERTANYAAN?

Please, jangan PM atau menulis di Wall Facebook, silahkan gunakan EXPERT FORUM DISKUSI untuk saling tanya jawab.
Pertanyaan anda juga mungkin dialami oleh pengguna lain, tuliskan pertanyaan anda di EXPERT sehingga pengguna yang mengalami problem serupa bisa membaca dan mengaksesnya.

Go To EXPERT Disscussion

Comments