Jumat, 18 Mei 2012

Video
Text

VISUAL C++ No.9: Membuat menu, icon pada menu, icon pada titlebar, dan icon thumbnail pada program exe

Ini sebetulnya merupakan kelanjutan dari tutorial kita sebelumnya C++/CLI No.7: Membuat basic window GUI dengan Windows Api , pada tutorial ini kita akan membuat sebuah menu untuk window, selain itu kita juga akan menambahkan icon pada menu tersebut. Bahkan penambahan title dan icon title juga akan kita bahas. Satu lagi adalah cara menambahkan icon thumbnail pada program applikasi kita.


Terlebih dahulu , kita harus menyiapkan beberapa buah icon, untuk titlebar icon dan thumbnail icon program kita akan menggunakan icon.ico, sedangkan untuk icon menu kita akan menggunakan icon.bmp (bitmaps) karena file.ico tidak dapat secara langsung digunakan sebagai icon menu/submenu.


Dalam pembuatan menu, kita terlebih dahulu membuat file header (resource.h) dan file resource (resource.rc). Untuk file header , pada tutorial ini kita isikan definisi definisi, baru untuk settingan lebih lanjut kita menggunakan file resource, silahkan lihat video tutorialnya.
Sedangkan untuk title icon, kita hanya perlu mengubah register classnya, untuk thumbnail icon application kita hanya perlu mensetting baris pertama pada file header. Baris pertama inilah yang akan menjadi thumbnail icon untuk program kita.

Tambahan:
*Ada yang lupa di video tutorial, pada video tersebut saya belum menunjukkan hasil akhir untuk icon program. Silahkan anda buka folder debug dari project, nanti di sana akan ada file akhir .exe kita yang iconnya sudah berganti dengan icon settingan pada resource.rc seperti gambar dibawah ini.





*Ada satu hal lagi yang lupa, yaitu bagaimana cara membuat icon-icon itu, baik .ico maupun .bmp, nah, di sini saya menggunakan Aplikasi icoFx yang sebetulnya dapat anda download di www.icofx.ro. Tetapi karena versi terbaru ini tidak gratis alias berbayar (dulu free) maka anda dapat mendownload versi full saat tutorial ini dibuat (icofx full 2.2.1) di sini: https://docs.google.com/file/d/0B6_ki5nuY_ysWkEwcjJoWFREeWc/edit?usp=sharing

*Untuk tutorial ini , icon pada menu belum transparent, pada tutorial yang akan dating kita akan sempurnakan menjadi transparent icon, sehingga pinggiran putih tidak terlihat.


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI


Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments