Selasa, 01 Mei 2012

Video
Text

VISUAL C++ No.8: Membuat Windows Assets [Menambahkan Button, Edit box, dan lainnya]

Setelah sebelumnya kita membuat GUI dengan Windows Api, sekarang saatnya kita akan menambah beberapa contoh komponen. Komponen-komponen windows seperti button, editbox, combobox, dan lain-lain inilah yang disebut dengan Windows Assets.

Pada tutorial kali ini kita akan menambahkan beberapa komponen Windows Assets pada GUI yang telah kita buat pada tutorial sebelumnya.

Komponent yang akan kita coba tambahkan nantinya adalah button dan textarea.


Untuk menggunakan sebuah button dan komponen lain, terlebih dahulu kita harus men-define button tersebut dengan sebuah number unik.Kemudian setelah itu kita membuat WM_CREATE message untuk dikirim kan ke Windows Procedure. Teorinya adalah message dari WM_CREATE ini dikirim ke fungsi sebelum fungsi me-return hasil. Window Procedure menerima message ini setelah window dibuat, tetapi sebelum window ditampilkan.

Setelah WM_CREATE, maka kita akan menggunakan method CreateWindowEx(). Anda sebetulnya juga dapat menggunakan CreateWindow() method sebagai gantinya.

Untuk keterangan lengkap dan cara pengetikan, anda dapat melihat video tutorial ini. Simple dan mudah diikuti.

ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments