Selasa, 10 April 2012

Video
Text

JAVA No.9: Cara membuat shortcut desktop untuk Java Application


Tutorial ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya [[--JAVA No.8: Pengertian Deployment Java SE (Applet, Java Webstart App, Jar)--]], dimana pada tutorial tersebut kita belum mempraktekkan bagaimana cara membuat shortcut untuk Java Webstart Application.

Kembali kita informasikan bahwa hasil akhir dari Java SE adalah Applet dan Java Webstart Application. Applet merupakan mini program yang berjalan pada browser dan Java Webstart App merupakan program yang berjalan terlebih dahulu dari link di browser yang nantinya dapat kita jalankan melalui desktop. Tutorial terdahulu deployment di atas sudah membahas membuat Java Webstart App pada browser, nah ada yang kelupaan, bagaimana cara setting supaya bisa jalan di desktop?


Sebetulnya, saat Java Webstart App dilaunch pertama kali pada browser, maka semua informasi dari aplikasi yang telah terloading akan tersimpan dalam Local Java Cache Viewer termasuk file JNLP dan JAR. Sehingga setelah pertama kali launch dan terdownload semua melalui browser, kita tidak perlu lagi melaunch lagi dengan browser, cukup membuat destop shortcut.

Berikut merupakan step by step nya:
Step 1: Buka Control Panel anda.
Untuk anda pengguna windows adan dapat mengclick start -> control panel, seperti gambar berikut:

Step 2: Setelah Control Panel tertampil, anda dapat memilih 'Programs' seperti berikut ini:

Step 3: Kemudian, dalam 'program' akan terlihat icon java, seperti gambar berikut:

Step 4: Bila anda click mana akan muncul Java Control Panel,kemudian silahkan pilih view Internet Files, maka akan membuka Java Cache Viewer

Step 5: Pada Java Cache Viewer, anda dapat memilih create icon to destop

Dengan membuat desktop icon, maka anda dapat lebih mudah me-launch program Java (Java SE) di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments