Sabtu, 07 April 2012

Video
Text

JAVA No.8: Pengertian Deployment Java SE (Applet, Java Webstart App, Jar)

Hasil dari koding Java (Java SE) adalah sebuah aplikasi RIA (Rich Internet Application). RIA ini mirip seperti desktop application tetapi disebarkan (deploy) melalui internet. Pada Java (Java SE) sendiri, RIA ini dikembangkan dan disebarkan sebagai Applet dan Java Webstart Application.

A). Applet - Java Appplet berjalan pada browser. Java pluggin dibutuhkan pada browser supaya mini applikasi ini dapat berjalan. (Detail dapat dilihat pada video)
B). Java Webstart - Java Webstart App sebetulnya juga hampir mirip dengan desktop application, hanya saja app ini berjalan pertama kali melalui link pada web browser yang kemudian dapat menjadi standalone application yang dapat dijalankan menggunakan shortcut pada desktop.


Untuk men-deploy kode kita sebagai Applet, kita dapat mengkodenya berdasarkan JApplet, sedangkan bila kita ingin mendeploynya sebagai Webstart App kita dapat menggunakan JFrame.

JFrame dan JApplet ini merupakan top level container pada Java (Java SE). Lalu apa itu top level container?

Untuk dapat tampil dalam layar, setiap GUI Component memiliki Component Hierarchy yang disebut Containment Hierarchy yang merupakan tingkatan-tingkatan komponen dengan "Top Level Container" sebagai root.
Dalam Swing GUI, terdapat 3 top level container class yaitu JFrame, JDialog, JApplet.

Pada video tutorial kali ini kita akan:
*Praktek membuat Applet
*Praktek Tag Applet , Sun Recomendation vs W3 HTML Spesification
*Praktek membuat Java Webstart App
*JNLP

ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments