Jumat, 06 April 2012

Video
Text

JAVA No.7: Mempaket (package) program java dalam bentuk Jar dan Class

Pada tutorial kali ini kita akan membahas mengenai cara mengcompile program java ke dalam file class dan mem-package java ke dalam jar.
File class (fileku.class) merupakan hasil compile dari single file java (fileku.java). Type .class ini merupakan hasil akhir yang dapat kita publish dengan tag applet nantinya.

Bila program mentah kita tidak berupa single file, misalnya berupa project yang didalamnya terdiri dari banyak file, images, audio, dan lain-lain, maka kita dapat men-paketnya dalam bentuk jar (fileku.jar)

JAR (Java Archive) memungkinkan kita untuk membundled multiple file kedalam single file jar saja.

Keuntungan dari format jar:
*Security
*Mengurangi proses waktu download
*Compression
*Portability
*Dan lain lain

Untuk melakukan peng-paketan program java menjadi JAR, kita bisa menggunakan ‘Java Archive Tool’ yang sudah disertakan dalam JDK. Tetapi, tool ini tidaklah berbentuk GUI melainkan hanya command yang dapat kita jalankan melalui command prompt (ms-dos)

Pada saat compile file dalam bentuk JAR, maka kita akan mendapatkan sebuah file manifest di dalam archive jar. Manifest file merupakan file khusus yang mengandung informasi penting mengelai file yang dipaket dalam JAR.

Manifest sangat penting untuk java functionality seperti electronic signing, version control, package sealing, dan lain-lain.

Pada video tutorial ini kita akan mempraktekan cara compile file java ke class dan package program java kedalam JAR.

ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.
Tambahan
A.)
Ada satu hal yang lupa belum saya sebutkan, pada video saya meng-package beberapa file menjadi sebuah 'fileku.jar' seperti dibawah ini:
file.java
images/
audio/

Untuk menjalankan program 'fileku.jar' ke dalam applet maupun ke dalam webstart application, kita dapat mengcompile terlebih dahulu file.java menjadi file.class, sehingga isi fileku.jar menjadi seperti ini:
file.class
images/
audio/

dan cara mengkompile dari file.java menjadi file.class menggunakan IDE maupun manual dengan command promt telah kita bahas dalam video.

B.)
Untuk meng-package multiple file secara cepat menjadi jar, dapat dengan hanya mengetikkan
[[      jar cf file_Yang_Dibuat.jar *      ]]

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments