Kamis, 12 April 2012

Video
Text

VISUAL C++ No.1: Belajar C++CLI Pemula? Apa itu C++ CLI?


Tutorial ini membahas C++/CLI dan sejarah bahasa pemrograman Windows yang lain seperti Windows Api, MFC, COM, Visual Basic, .NET-C#.

Apa itu CLI?

C++/CLI atau biasa disebut Common Language Infrasturcture merupakan spesifikasi bahasa C++ yang dikeluarkan oleh Microsoft. Bahasa ini juga merupakan bahasa standar yang distandarisasi oleh ECMA-372. Sampai sekarang bahasa ini hanya tersedia pada Microsoft Visual Studio.

C++/CLI merupakan bahasa yang berbeda dengan C++ native, juga berbeda dengan Managed C++ (mc++), tapi tidak keluar dari C++ asli hanya ditambahkan hal hal yang berhubungan dengan .NET dari Microsoft.Dan untuk syntac dari bahasa ini juga agak sedikit berbeda.


Wait, sebelum kita membahas lebih jau C++/CLI, mari kita bahas sedikit tentang windows dan bahasa bahasanya.

Lalu apa itu Windows Api?
Untuk mempermudah programmer membuat applikasi yang dapat berjalan dalam mesin Microsoft (Windows), maka diperkenalkanlah library dengan nama win32 api. Library ini mengandung beraneka ragam objects dan behavior untuk pembuatan software di pc Windows. Win32 api kemudian sekarang dikenal dengan nama Windows Api.


Lalu apa itu MFC? Apa hubungannya dengan Microsoft Visual C++?
Pada awal kemunculan win32api, maka windows versi awal (3.x – 5.5) pun semakin popular, dan semakin banyak programmer yang membuat aplikasi pada versi windows ini. Dalam hal ini ada sebuah hambatan untuk para programmer, win32 api saat itu ditulis dalam bahasa C, dan belum ada sebuah library untuk membuat tampilan dan design sehingga semuanya ditulis secara manual. Tentu saja hal ini menyebabkan waktu terkuras hanya untuk membuat tampilan dan design. Maka dari itu Microsoft membuat sebuah library yang dinamakan Microsoft Foundation Class (MFC). Library ini sebetulnya adalah adaptasi dari win32api diantaranya adalah penambahan classes dan inheritance. Dengan library ini maka programmer dapat membuat aplikasi dengan jauh lebih mudah dan waktu yang relative lebih efisien. Dan untuk membuat MFC lebih friendly maka Microsoft mengembangkan Microsoft Visual C++. Software ini terdiri dari dua versi, versi gratis dan versi berbayar yang semuanya dapat anda download di situs Microsoft.



Kemudian bagaimana dengan Microsoft Visual Basic?
Untuk menggunakan Win32 Api (Windows Api) programmer harus tau c dan c++. Dan untuk menggunakan MFC programmer harus familiar dengan C++ serta harus cukup sabar dengan memory management pada MFC ini. Karena beragam kesulitan inilah kemudian Microsoft membuat sebuah easy language yang disebut Microsoft Visual Basic. Bahasa ini jauh lebih mudah dan lebih friendly ketimbang Visual C++. Tapi sayangnya untuk anda yang sudah membuat Application dengan Windows Api, maka Visual Basic tidak akan dapat membacanya.

Bagaimana dengan COM??
Banyak sekali bahasa komputer yang digunakan saat ini merupakan bahasa tua yang tidak pernah diupdate. Timbul pertanyaan, bahasa computer tua ini apakah masih dapat digunakan untuk membuat Aplikasi di Windows yang selalu update??? Nah, dari sini kemudian Microsoft mengembangkan Libraries dan Programming Concept sendiri supaya programmer dapat membuat sebuah uptodate program.

Ada beberapa masalah yang harus dipikirkan oleh Microsoft supaya para ratusan ribu programmer yang membuat aplikasi dengan bahasanya masing-masing tersebut dapat membuat membuat sebuah aplikasi yang dapat berjalan di Windows tanpa memandang background language mereka. Karena itulah Microsoft kemudian mengembangkan Microsoft Component Object Model (Microsoft COM). COM itu sendiri terdiri dari 3 teknologi yaitu COM+, DCOM, dan ActiveX Controls. Object dalam windows dapat diakses melalui Dynamic Link Library atau yang biasa disebut dengan DLL.

COM sudah, sekarang bagaimana dengan DOT NET?? Apa itu C#?
Meskipun COM dapat menyelesaikan beragam masalah, tapi banyak masalah juga yang ada pada COM. Mungkin memang ‘tiada gading yang tak retak – tiada sesuatu yang sempurnya’ memang benar adanya. COM tidak mudah dipelajari dan tidak mudah untuk diimplementasikan. Dengan semakin berkembang dan majunya internet dan dengan semakin banyaknya pengguna teknologi milik Bil Gates dan kawan-kawan ini, maka Microsoft pun semakin memperbaiki program bahasanya. Microsoft semakin terbuka dengan teknologi yang digunakan pada Windows hingga akhirnya menciptakan bahasa baru yaitu C# yang telah distandarkan sehingga semua orang dapat menggunakannya.

Nah, diatas merupakan sejarah bahasa pemrograman Windows, sekarang mari kita melanjutkan C++/CLI kita.

C++/CLI merupakan bahasa C++ yang sudah dikembangkang oleh Microsoft untuk membuat program aplikasi. Bahasa ini menyediakan beragam Object untuk membangun sebuah Aplikasi. Object-object ini dikemas dalam sebuah library atau file header.

Header file adalah sebuah file yang digunakan sebagai pondasi utama program kita. File ini berextensi .h dan untuk menggunakannya kita harus menginclude di bagian head kode kita.

#include file.h

Ada dua macam header file, yaitu header file yang ada secara default yang disediakan oleh Microsoft, dan header file yang anda buat sendiri.
Untuk header file default/yang disediakan oleh Microsoft, kita dapat mengetikkan

#include
Tetapi bila anda membuat header file sendiri dan meletakkannya sejajar dengan file cpp dalam sebuah folder, anda dapat menuliskannya seperti ini

#include “file.h”

Oke, demikian sekilan gambaran tentang C++/CLI, tutorial ini memang singkat karena C++/CLI itu sendiri sangat panjang bila dibahas di sini. Anda dapat mencari di google atau Wikipedia mengenai bahasa milik Microsoft ini.


Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments