Video
Text

VISUAL C++ No.6: Belajar mengenal Windows Api, Apa itu Windows Api?

Pada tutorial-tutorial C++ kita sebelumnya, kita hanya membuat sebuah console application melulu, nah sekarang saatnya kita belajar membuat GUI C++ dengan Visual C++. Untuk anda pengguna Windows, Visual C++ menyediakan beberapa Framework dalam pembuatan GUI yaitu MFC dan Windows Api. Kedua-duanya dapat digunakan untuk membuat Windows GUI pada Visual C++ anda. Dan keduanya merupakan pengkodean yang sangat rumit untuk pemula. Sebelum kita membahas MFC, ada baiknya kita mengenal Windows Api terlebih dahulu.


Mengingat rumit dan ruwetnya kode Windows Api, maka tutorial ini dibuat sesimple dan sejelas mungkin untuk yang betul-betul ingin tahu cara membuat GUI dengan Windows Api.

Coba perhatikan, berikut adalah code yang telah disederhanakan:



Windows Api biasanya pada Visual C++ disebut sebagai Win32 Programming sehingga pada tutorial ini kita akan membahas bagaimana sebuah program dibuat di Windows Platform. Dalam tutorial kita ini, kita menggunakan Multi –byte Character set. Jadi nanti kita perlu mengubah properties project kita terlebih dahulu.

Mari kita mulai,

Telah kita ketahui bersama bahwa untuk membuat Console Application, kita harus membuat sebuah fungsi main sebagai entry point yang akan mengambil arguments dan me-return integer. Tetapi, pada Windows Api, untuk membuat GUI kita menggunakan fungsi WinMain sebagai entry point. Fungsi inilah yang akan dieksekusi pertama kali dan me-return integer.

Contoh Entry Point console app:
int main(int argc,char *argv[])

Contoh entry point Windows Api:
INT WINAPI wWinMain(HINSTANCE hInst,
HINSTANCE hPrevInst,
LPWSTR lpCmdLine,
INT nShowCmd)

Tutorial ini akan sangat membingungkan dan sangat panjang bila dibuat tulisan seperti ini. So, berikut adalah video tutorial yang akan menjelaskan secara gamblang sedikit tentang Windows Api ini, yaitu meliputi:
- INT
- WINAPI
- HINSTANCE
- MessageBox
- Icon-Icon notifikasi
- Dan lain lain


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI
Contoh GUI yang dibahas dan dipraktekkan dalam video:


Note: Untuk Windows Api reference, anda dapat menginstall Help pada Microsoft Visual Studio baik express (gratis) maupun berbayar, tidak jauh perbedaannya kecuali hanya koleksi library. Windows Api Reference ini terletak di menu help -> Library Home -> Win32 and COM Development (Windows) -> Development Guides (Windows) -> Windows API (Windows) -> Windows API Reference (Windows)

Sayang sekali Windows Api Reference ini ukurannya sangat besar sehingga kita tidak menyediakan downloadnya. (^^,)

Atau untuk anda yang setiap saat memiliki koneksi ke internet, sebagai reference, anda dapat merujuk ke link berikut ini http://msdn.microsoft.com/en-us/library/ff818516%28v=vs.85%29.aspx

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.


Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: MediaTutorial Staff

PERTANYAAN?

Please, jangan PM atau menulis di Wall Facebook, silahkan gunakan EXPERT FORUM DISKUSI untuk saling tanya jawab.
Pertanyaan anda juga mungkin dialami oleh pengguna lain, tuliskan pertanyaan anda di EXPERT sehingga pengguna yang mengalami problem serupa bisa membaca dan mengaksesnya.

Go To EXPERT Disscussion

Comments