Jumat, 20 April 2012

Video
Text

VISUAL C++ No.5: Apa itu Visual C++, Apa perbedaan Visual C++ dengan C++ native


Untuk anda yang betul-betul buta Visual C++, mudah-mudahan beberapa paragraph ini dapat memberikan sedikit informasi pencerahan.
Ada banyak pertanyaan saat kita memulai berkenalan dengan C++, mulai dari ‘Traditional Native C++’ hingga ‘Managed C++’. Native C++ (Traditional Native C++) merupakan C++ yang masih asli. Banyak IDE dan library yang tersedia baik berbayar maupun gratisan. Managed C++ merupakan bahasa C++ yang telah berkembang sesuai dengan platform pengusungnya. Visual C++ merupakan ‘Managed C++’ untuk windows yang dikeluarkan Microsoft.

Bila anda bukan pengguna windows, atau kurang begitu suka dengan Microsoft, atau kurang suka dengan semua yang dikembangkan Bill Gates dan kawan-kawan dengan style mereka sendiri-sendiri, atau lainnya yang berbau lisensi sebaiknya tidak memspesifikkan ke Visual C++. Ada banyak ‘Managed ‘ dan ‘Traditional Native’ C++ lain yang bisa anda gunakan di Internet.


Lalu kenapa kita menggunakan Visual C++? Apa karena kita mengkhususkan untuk pengguna Windows saja?

Visual C++ dapat digunakan untuk mengkode C++ native serta C++ yang khusus untuk Windows.

IDE untuk Visual C++ yang kita gunakan adalah Microsoft Visual C++ 2010, versi gratis dapat anda download di situs resmi Microsoft, tidak ada perbedaan mencolok antara versi berbayar dan versi gratis kecuali content library.
Tujuan utama dari Visual C++ adalah pembuatan software untuk windows. Dalam hal ini kita harus memperhatikan Handles, Messages, dan Exceptions. Pembuatan GUI pun sangat mudah karena terdapat MFC (Microsoft Foundation Class) dan Windows Api meskipun untuk pemula sangat rumit untuk dipahami.

Contoh MFC


Contoh Windows Api

Visual C++ 2010 inilah yang nanti kita gunakan sebagai editor untuk ‘category Visual C++’, selain category ini nanti kita juga akan membuat tutorial untuk ‘category Native C++’. Untuk reference dan samples Visual C++ dapat anda lihat pada menu help pada IDE anda seperti pada gambar dibawah ini.

Contoh reference and sample


Pada tutorial selanjutnya kita akan membuat Video Tutorial yang membahas mengenai Windows Api dan MFC untuk membuat GUI pada windows, sedangkan console app telah kita bahas pada tutorial-tutorial sebelumnya.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments