Selasa, 17 April 2012

Video
Text

VISUAL C++ No.4: Membuat console app untuk menulis file.txt


Pada tutorial C++ berikut ini , kita akan mempraktekan membuat sebuah Console Application untuk menulis ke dalam file.txt. Bila file.txt tidak ditemukan maka App akan otomatis membuat file tersebut. Sebetulnya ini adalah program jadul yang sangat simple, dan tutorial ini dibuat sesimple mungkin dengan harapan pembaca dapat menjadi tau bagaimana cara membuat Console App ini.

Cara kerja dari Console App ini adalah seperti terlihat pada gambar disamping ini, user dapat mengetikkan text/ kalimat yang nanti ingin disisipkan kedalam file.txt, bila file tidak ditemukan maka secara otomatis program akan men-generate nya.

Dalam pembuatan tutorial ini kita menggunakan salah satu Input/Output Library yaitu . Mari kita membuatnya selangkah demi selangkah.

1.)Langkah pertama, mari kita membuat new project

2.)Kemudian, pada installed templates new project pilih win32 Console Application, kemudian tulis kan nama sekalian.

3.)Pastikan dalam Win32 Application Wizard, anda memilih empty project

4.)Setelah kita mengklik finish pada project, maka Visual C++ akan otomatis men-generate structure project, kemudian click kanan ‘Source files’ folder, pilih add – new item.

5.)Pada new item wizard, pilih jenis file C++ dan berikan nama file.

6.)Kemudian ketikan kode dibawah ini , dan cobalah untuk debugging,

Source code:


Ket:
Pada kode diatas, kita membuat sebuah class ofstream dengan nama ‘file_txt_saya’. Ofstream ini merupakan anggota dari library .
Dalam proses berikutnya kita menggunakan file operation untuk ofstream yaitu open dan close untuk mengenerate file.txt.
Di kode tersebut juga kita menggunakan getline(cin, kalimat); artinya input yang dimasukkan dari user akan ditampung ke dalam cin, sama seperti cin >> kalimat;
Tetapi, penggunaan cin>>kalimat tidak dapat meng-catch spasi input yang dimasukkan user, sehingga cara yang jitu adalah menggunakan fungsi getline yang dapat meng-catch setiap line kalimat yang dimasukkan user.

7.)Setelah process debugging selesai, anda dapat menuju folder ‘debug’, nah, disana ada sebuah file .exe, silahkan doble click, dan tulis kalimat, maka nanti App akan men-generate sebuah file .txt

Sangat simple bukan? Bahkan bila anda buta C++ anda dapat mempraktekkannya dengan sangat mudah.
Semoga bermanfaat dan jangan lupa sharing yach,


Note:
Disini kita menggunakan Visual C++ 2010 sebagai IDE nya, bila anda menggunakan IDE lain, semisal Embarcadero, GNU project, atau lainnya, silahkan menyesuaikan.

*Anda juga dapat menggunakan Visual C++ 2010 Express gratis dengan mendownload di situs Microsoft.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments