Sabtu, 28 Januari 2012

Video
Text

LAIN LAIN No.7: Cara dan langkah - langkah membuat video tutorial agar menarik dan tidak membuat bosan (mengantuk)

By Request:
Update 3 January 2015 Sebetulnya tidak sedikit yang tanya bagaimana sih cara membuat video tutorial?

Bagaimana cara membuat video tutorial?

Sebetulnya membuat video tutorial itu tidak susah, asal bisa ngomong dan sabar, karena sama seperti pembuatan tutorial yang lain, membuat video tutorial itu lama dan bisa memakan berjam-jam mungkin sampai seharian.
Nah, pada tutorial kali ini kita akan memperagakan cara membuat video tutorial yang dilakukan di Mediatutorial.web.id (^^,)

Langsung saja, berikut merupakan langkah-langkah yang biasa saya lakukan.
Langkah 1: Tentukan Judul, kumpulkan bahan deskripsi, siapkan demo dan software.
Langkah 2: Mulai merekam dan menyimpan hasil rekaman
Langkah 3: Mengedit audio hasil rekaman (Mengurangi noise)
Langkah 4: Memotong, mengedit, menambahkan text dan zoom pada video mentah
Langkah 5: Menambah backsound lain kemudian export ke video jadi
Langkah 6: Menyiapkan screenshot
Langkah 7: Pastikan durasi pendek (tidak sampai 10 menit)


Langkah 1: Tentukan Judul, kumpulkan bahan deskripsi, siapkan demo dan software.

Jelas, terlebih dahulu kita harus menentukan judul, dan pastinya urut urutan atau nomor urut supaya pembaca dapat mengetahui urutan dari tutorial yang kita buat.
Jangan lupa juga untuk mengumpulkan bahan bahan yang anda perlukan. Demo pun juga harus dipersiapakan supaya nantinya lancar dalam ngomong saat sedang merekam video.
Software:
- Di sini saya menggunakan Bb flashback Pro 4.1.1 Updated 26 Des 2012
- Selain itu saya juga memakai Adobe Audition CS5.5 dan Format Factory

Langkah 2: Mulai merekam dan menyimpan hasil rekaman

Yup, disini saya pribadi selalu menggunakan bbflashback (untuk keterangan dan download dapat anda lihat di video tutorialnya). Sebetulnya juga kadang memakai Camtasia, tapi terkadang kualitas Camtasia kurang bagus. Silahkan lihat video tutorialnya.


Langkah 3: Mengedit audio hasil rekaman (Mengurangi noise)

Oke, melanjutkan dari step sebelumnya, disini kita akan mengedit audio hasil dari rekaman BBFLASHBACK. Secara default, pasti audio kita ada noisenya dan volumenya kurang maksimal. Oleh karena itu kita perlu mengedit audio yang ada didalam hasil rekaman menggunakan software lain.
Disini kita menggunakan Adobe Audition CS5.5 sebagai editor ke tiga kita dan juga menggunakan Format Factory sebagai alat bantu converter.


Langkah 4: Memotong, mengedit, menambahkan text dan zoom pada video mentah

Nah, pada bagian ini kita akan konsentrasi pada pengeditan video yaitu memotong video yang tidak perlu, seperti jeda yang terlalu lama, salah kosa kata, salah pengambilan snapshot. Selain itu disini kita juga akan menambahkan text untuk memperjelas langkah kita.
Dan tentunya penggunaan zoom juga merupakan hal yang wajib dilakukan untuk membuat video tutorial kita jauh lebih interaktif


Langkah 5: Menambah backsound lain kemudian export ke video jadi

Dan ini merupakan video terakhir kita, yaitu kita akan membuat/menambahkan backsound pada video mentah. Setelah itu baru nantinya kita convert ke dalam format file video jadi.
Pada video tutorial ini kita menggunakan Adobe Audition CS5.5 sebagai editor dan Format Factory sebagai converter pembantu kita.
Untuk pengeditan pada Adobe Audition CS5.5 kita akan menggunakan backsound lagu yang akan kita masukkan ke dalam multitrack.
Jadi nantinya akan ada 2 buah sound yaitu sound dari video mentah dan sound dari lagu yang kita pilih untuk kita mixed nantinya.


Langkah 6: Menyiapkan screenshot

Nah, untuk membuat screenshot itu sebetulnya juga gampang, tinggal siapkan aktivitas mana yang ingin di 'shot', setelah itu tinggal tekan 'print screen' pada keyboard kemudian pastekan pada image editor.

lalu bagaimana dengan screenshot animasi seperti animasi bagian atas tutorial ini?

Simple saja, mungkin suatu saat nanti kita akan buat tutorial untuk ini,
begini, sebetulnya screenshot animasi diatas adalah hasil dari screen recorder, kemudian saya export ke avi, baru saya buka di photoshop, yup, tinggal simpen saja di photoshop ke format gif. Jadi deh,, (^^,)

Langkah 7: Pastikan durasi tidak lebih dari 10 menit

Berikan kemudahan pemahaman kepada penonton video, jangan membuat durasi terlalu lama (lebih dari 10 menit), karena bila terlalu lama penonton akan bosan melihat video anda, kemudian mulai mengantuk :).
Bila kita lihat para pembuat video tutorial profesional selalu membuat video di bawah durasi 10 menit. Karena mereka telah survey durasi itulah yang batas konsentrasi para penonton.
Sebaiknya jangan pasang wajah anda di video, karena hal itu sangat tidak profesional dan terkesan pemula. Bilapun anda ingin memasang wajah anda pastikan hanya di awal dan di akhir video saja.

Updated 3 Januari 2015
Pastikan durasi tidak lebih dari 10 menit, karena penonton video akan mengantuk dan bosan :)
Updated 16 Maret 2012
Anda juga dapat menggunakan Microsoft Powerpoint sebagai alat bantu peraga, seperti tutorial saya di JAVA No.2: Pengertian Konsep OOP (Object Oriented Programming) dalam Java adalah

Mungkin setelah membaca tutorial ini anda tertarik untuk mengirim tutorial buatan anda sendiri? baca selengkapnya..

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.
Jangan lupa juga untuk like Mediatutorial on Facebook

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments