Kamis, 23 Juni 2011

Video
Text

CUBASE NUENDO No.8: Belajar mengubah nada (Pitch Shift), menormalkan volume (Normalize) dan Gain

Dalam proses mixing, tentu kita mendapati ada audio yang memang nadanya kurang tinggi. Atau mungkin dalam peristiwa lain, ada seorang klien yang ingin merendahkan atau meninggikan sekian nada dari lagunya. Nah, inilah yang dinamakan dengan Pitch Shift dalam Cubase/Nuendo. Penggunaanya pun juga sangat sederhana.

Selain pitch Shift, kita juga akan menormalkan volume audio kita. 'Normal' disini dalam ukuran musik adalah 0db (nol desibel). Ini merupakan ukuran standar untuk lagu. Bila lebih dari itu maka lagu akan sangat tidak enak didengar, dan bila kurang dari itu maka lagu akan sangat lemah volumenya.

Pelajaran yang akan kita dapat:
1. Pitch Shift (Untuk mengatur nada)
2. Normalize
3. Gain


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

1 komentar:

perangsang ampuh mengatakan...

infonya sangat mengena dengan apa yang selama ini menjadi pertanyaan saya. terima kasih banyak sudah berbagi selaput dara buatan

Poskan Komentar