Rabu, 08 Juni 2011

Video
Text

Flash no.2 : Menambah Sound Pada Button Saat Diklik


Setelah sebelumnya kita telah membuat button ( silahkan click tutorial sebelumnya ), maka pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang cara menambahkan sound saat mouse diklik. Anda pasti sudah tahu yang saya maksudkan di sini. Misalnya saat kita mengklik sebuah button makan akan bunyi suara beep, atau suara suara yang unik, atau mungkin sebuah lagu. Nah, dikesempatan kali ini kita akan menyisipkan suara unik saat mouse diklik atau lebih tepatnya “menyisipkan sound di frame down” pada button.
Disini kita tidak menggunakan Action Script (AS)  tapi hanya mengimport sebuah sound ke library kemudian kita insertkan ke button. Penggunaan Action Script akan kita bahas pada tutorial selanjutnya.

-Langkah 1          : Silahkan buka Adobe Flash anda. Di sini saya menggunakan Adobe Flash CS5 , bila anda menggunakan versi lama sebetulnya caranya sama saja. Jadi tidak perlu khawatir.
flash CS5
-Langkah 2          : Bukalah button yang telah anda buat, atau kita bisa mengambil sample button dari ‘Common Libraries’. Di sini saya menggunakan sample button yang telah tersedia di ‘Common Libraries’ Adobe Flash CS5. Klik window -> Common Libraries -> Button -> Pilih salah satu button yang menarik untuk anda.
Lihat gambar:
common libraries
“koleksi button yang terdapat di Common Libraries merupakan koleksi button yang sudah jadi, anda dapat mempreviewnya melalui control -> test movie-> test “
-Langkah 3          : Imporlah file sound ke library. File sound di sini dapat berupa mp3, wav, atau file yang lainnya yang disupport oleh Adobe Flash CS5. Karena sound ini nantinya untuk button, jadi saya sarankan sebaiknya file soundnya pendek saja misalnya 1 detik agar button kita lebih terlihat professional.
Klik file -> import ->Import to library -> pilih sound pendek anda
Lihat gambar :
folder
“pada gambar diatas, saya memilih file sound yang durasinya 1 detik , kemudian click import dan secara otomatis file anda akan terimport ke flash library“
Lihat gambar:
sound
-Langkah 4          : Mari kita fokus kembali ke button kita , double click button agar kita masuk ke symbol button tersebut. Setelah masuk maka kita akan bisa melihat frame ‘up’, frame ‘over’ , frame ‘down’, frame ‘hit’. Nah, di frame ‘down’ lah kita nanti akan menyisipkan sound kita. Sebetulnya anda juga dapat menyisipkan di frame ‘over’  atau frame ‘hit’, tapi supaya lebih terlihat profesional saya sarankan sebaiknya kita sisipkan di frame ‘over’ saja.
Double click button ->lihat timeline->  insert new layer ( di new layer inilah sound kita letakkan )
Lihat gambar:
edit
-Langkah 5          : di new layer yang baru saja kita buat, klik kanan frame ‘down’ -> insert keyframe .
Key frame ini nanti akan kita sisipi sound.
Lihat gambar:
new layer
-Langkah 6          : Drag lah sound yang telah kita import di library, ke stage ( lembar kerja ) , ingat pastikan posisi anda di frame ‘over’ ( frame yang baru saja kita buat melalui insert keyframe tadi ) . Nah, ini adalah langkah terakhir kita , setelah didrag ke stage ( lembar kerja ), maka button dengan sound bisa kita gunakan, silahkan anda preview melalui control -> test movie -> test.
Cobalah untuk mengclick maka sound yang telah kita sisipkan tadi akan dimainkan.
Lihat gambar:
drag
Oke, akhirnya selesai juga tutorial tentang button yang kedua ini. Silahkan test movie, click buttonnya , dan dengarkan sound beep nya.
Terimakasih sudah menyimak, semoga bermanfaat…. ^_^
=========================================
Judul : Menambah Sound Pada Button Saat Diklik (tanpa AS)
Software : Adobe Flash ( di sini saya menggunakan Adobe Flash CS5 )
Deskripsi : Di dalam tutorial ini kita membahas cara membuat Flash Button, menambahkan
Sound saat mouse diklik tanpa AS (Action Script)
Tanggal dibuat : 22 Agustus 2010

NB : “sebenarnya sangat sulit memahami tutorial bila divisualkan secara text, bila anda       berminat  saya sarankan untuk mempelajari video tutorialnya di Youtubeanda dapat mendownload nya dengan sangat mudah menggunakan IDM ( Internet Download Manager ) “

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments