Rabu, 08 Juni 2011

Video
Text

Flash no.1 : Belajar Flash - Membuat Flash Button


Di dalam tutorial ini kita membahas cara membuat Flash Button, sedikit screenshotTentang Adobe Illustrator, membahas tentang  ‘up’,  ‘over’, ‘down’, ‘hit’ pada button, memberikan visual effect.
Taukah anda tentang button? Button adalah sebuah tombol yang bisa diclick oleh mouse kita.  Biasanya button digunakan untuk memanggil fungsi-fungsi tertentu, serta memiliki tampilan yang berubah ubah sewaktu kita meng-mouseover atau meng-click nya. Nah, dalam tutorial kali ini kita tidak akan membahas tentang fungsi – fungsi ( fungsi disini bukan berarti ‘kegunaan’ lho, tapi sebuah ‘function’ ) melainkan hanya membahas pada tampilan button nya saja.
Screenshot  jadi:
button jadi

-langkah 1           : Silahkan buka Adobe Flash anda, di sini saya menggunakan versi Adobe Flash terbaru CS5, anda juga dapat menggunakan CS4, CS3, Flash 8, atau versi lama lainnya.
Berikut screenshotnya:
adobe flash cs5
-Langkah 2 : Yang pertama, mari kita buat sebuah gambar button seperti di atas. Untuk menggambarnya anda dapat menggunakan Adobe Flash sendiri, Coreldraw, Adobe Illustrator, atau aplikasi lain. Di sini saya tidak akan menggambar, tetapi saya menggunakan gambar button sederhana yang sudah ada di Adobe Illustrator.
“hum, saya sendiri tidak tahu, kenapa sangat minim sekali tool tool untuk menggambar di Adobe Flash, mungkin itu merupakan teknik bisnis sehingga bila kita menggunakannya maka kita memerlukan product Adobe lain yang mengkhususkan pada bidang menggambar seperti Adobe Illustrator atau Adobe Fireworks ^_^ “
Berikut Screenshotnya:
Adobe Illustrator
“buka Adobe Illustrator anda dan pilih salah satu button yang sudah ada, drag button ke lembar kerja kemudian copy paste ke lembar kerja Adobe Flash”
-Langkah 3          : Saat kita copy paste ke Adobe Flash maka tampilannya akan seperti berikut ini:
import from Illustrator
“akan ada konfirmasi saat proses paste, silahkan untuk lebih mudahnya pilih saja ‘paste as bitmap’ , maka semua layer layer dari AI (Adobe Illustrator akan di merge dijadikan gambar bitmap ). Sebenarnya untuk membuat animasi yang lebih komplek anda bisa memilih ‘paste using AI File Importer Preferences’ , tapi karena di tutorial ini kita hanya membuat button jadi cukup pilih saja ‘paste as bitmap’  “
-Langkah 4          : Convert bitmap kita ke symbol. Untuk membuat sebuah flash button di Adobe Flash, maka bitmap yang baru saja kita import harus dijadikan ‘button symbol’. Klik kanan bitmap -> convert to symbol -> button.
Berikut adalah screenshotnya:
convert to symbol
Setelah convert to symbol maka pilih ‘button’
Berikut screenshotnya:
pilih button
“symbol di flash dibagi menjadi 3 yaitu ‘movie clip’, ‘button’, dan ‘graphic’. Karena kita akan membuat button, maka kita harus mengeset symbol kita sebagai button. Bila anda ingin membuat animasi anda dapat memilih ‘Movie Clip’ . “
-Langkah 5    : Anda telah berhasil mengkonvert bitmap kita sebagai button. Nah, kemudian langkah selanjutnya adalah kita akan mengotak atik ‘apa yang ada’ di dalam symbol button yang baru saja kita buat.
Double click button dan akan terlihat screenshot seperti berikut:
button
“di dalam button kita terdapat 4 buah frame yang dapat kita modifikasi dengan menggunakan ‘key frame’. Pada gambar diatas yang baru terisi hanya frame Up, sehingga saat button di preview maka tidak ada effect  ketika mouse diarahkan ke button maupun ketika button diclick, haduh susahnya menjelaskan, untuk lebih jelasnya silahkan dipreview  control -> test movie ( ctrl + enter )   ^_^ “
Frame Up : untuk button normal ( saat tidak ada event tertentu pada button, misalnya mouse over )
Frame Over: saat mouse diarahkan diatas button
Frame Down: saat mouse diclickan ke button ( click di sini masih dalam posisi ditekan, belum dilepaskan)
Frame Hit: Saat mouse dilepaskan ( setelah click )
-Langkah 6    : Saatnya kita isi frame demi frame button kita.
-Mari kita buat button over ( button berubah saat mouse diarah kan ke button)
a. Klik Kanan frame over -> insert keyframe->setelah insert keyframe pastikan anda masih dalam frame over tersebut->klik object button di frame over-> lihat properties di window kanan.
Berikut adalah screenshotnya:
insert keyframe
button masih bitmap

b. Diatas kita lihat bahwa button di frame over masih bitmap, nah untuk menambah effect saat mouse over maka bitmap ini harus kita ubah menjadi symbol lagi. Symbol di dalam symbol adalah ciri khas product Adobe.
Untuk mengubah sebagai symbol , anda tinggal click kanan->convert to symbol ->pilih movieclip atau button.
c. Kemudian setelah terconvert sebagai symbol ( movieclip atau button ), click button yang sudah terconvert sebagai symbol di frame over tadi, nah window properties sekarang sudah berubah seperti pada screenshot di bawah:
symbol button

“nah, setelah diconvert lagi ke symbol ( movieclip atau button ) maka ada filters (effect yang akan kita gunakan ), juga ada option option lain yang sangat berguna untuk kita”

d. terakhir, beri effect filter saat mouse over di frame over
click symbol button ->lihat window properties-> click add filter ->glow
silahkan lihat screenshot:

filter untuk button
“setelah filter glow muncul, anda tinggal melakukan pengaturan sekehendak anda seperti screenshot berikut ini”
hasil akhir glow

Sekarang kita telah berhasil menambahkan effect glow pada mouse over ( tepatnya di frame over ), bila anda ingin mempreviewnya bisa mengclick  control -> test movie pada menu atas.
Berikut adalah hasil akhir untuk button over:
button sudah jadi

Untuk button down dan hit adalah sama saja prosesnya. Anda dapat berkreasi sendiri, coba coba ,
Maupun membuat sebuah proyek dengan button.
Demikian sedikit tutorial dari saya, semoga bermanfaat. Sampai jumpa ;-)
=========================================
Judul : Flash no.1 Membuat Flash Button
Software : Adobe Flash ( di sini saya menggunakan Adobe Flash CS5 )
Tanggal dibuat : 22 Agustus 2010
NB : “ah, sangat sulit memahami tutorial bila divisualkan secara text, bila anda berminat Saya sarankan untuk mempelajari video tutorialnya di Youtube  dengan mencarinya di search,  andadapat mendownload
Nya dengan sangat mudah menggunakan IDM ( Internet Download Manager ) “

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments